fbpx

Keuntungan yang Bisa Kamu Dapatkan dengan Kuliah di Jerman

Jerman menjadi salah satu negara yang memiliki reputasi akademik terbaik di benua Eropa. Berbagai disiplin ilmu pun ditawarkan, mulai dari teknik hingga filsafat. Yang pasti, Jerman patut kamu pertimbangkan menjadi negara tujuan bagi kamu yang ingin berkuliah di luar negeri. Lalu, apa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan kuliah di Jerman? Mari kita bahas satu-persatu keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan kuliah di Jerman.

Tidak ada tuition fee

Tuition fee gratis - alasan kuliah di jerman
Sumber: yahoo.finance.com

Sebagian besar institusi pendidikan tinggi di Jerman dibiayai oleh pemerintah. Di negara ini, ada sekitar 400 institusi yang terbagi menjadi universitas negeri dan swasta. Sekitar 2.4 juta orang memilih universitas negeri sebagai pilihan. Mengapa demikian?

Dalam beberapa tahun terakhir, Jerman berusaha untuk meniadakan tuition fee atau biaya perkuliahan di seluruh negeri. Awalnya sih, memang tidak mudah untuk betul-betul mengimplementasikan aturan ini. Akan tetapi, pada Oktober 2014, suatu konsensus tecapai di Jerman dan akhirnya memberikan kesempatan bagi para siswa untuk mengakses pendidikan tinggi secara gratis. Berita baiknya, hal ini tidak hanya berlaku bagi siswa lokal, tapi juga siswa internasional.

Kesempatan yang bagus, bukan?

Gelar yang diakui secara internasional

Sistem pendidikan di Jerman memastikan bahwa seluruh siswa bisa mendapatkan gelar yang diakui secara internasional, baik untuk jenjang sarjana dan juga pasca sarjana. Untuk jenjang sarjana, kamu hanya perlu menjalani masa studi selama 6 semester saja, atau sama dengan 3 tahun. Sedangkan untuk program pascasarjana, kamu membutuhkan waktu 2 hingga 4 semester, tergantung dari program yang kamu ambil.

Bahasa Inggris sebagai pengantar

Bahasa Inggris sebagai pengantar - alasan kuliah di Jerman
Sumber: capx.com

Berita baik bagi kamu yang kemampuan bahasa Jermannya tidak terlalu baik, ternyata di Jerman kamu bisa memilih untuk berkuliah yang memakai bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Bahasa Inggris di Jerman telah menjadi bahasa kedua yang diajarkan. Program internasional yang ditawarkan di Jerman juga menyediakan pilihan untuk menggunakan bahasa Inggris. Selain itu, biasanya memang ada kursus bahasa yang dapat kamu ikuti sebelum berkuliah secara penuh.

Kesempatan kerja yang baik

Meskipun kamu tidak perlu lagi membayar uang perkuliahan, tentu kamu menyadari bahwa kamu perlu untuk mencukupi biaya hidupmu. Nah, sebagai siswa internasional, kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa mencoba untuk mencari kerja paruh waktu. Akan tetapi, sebelumnya kamu harus mendapatkan izin kerja (work permit). Kamu bisa bekerja 190 hari penuh atau 240 paruh hari per tahun.

Selain bisa mencari sendiri, banyak juga universitas yang menyediakan kesempatan magang. Apalagi, telah terjalin pula kemitraan dengan perusahaan-perusahaan terkenal di sana. Meski tak semuanya dibayar, pengalaman magangmu dapat memberikan pengalaman yang menarik sebagai modal kamu untuk mencari kerja nantinya.

Menetap di Jerman setelah lulus

Lulusan jerman - alasan kuliah di jerman
Sumber: studying-in-germany.org

Sama seperti di Kanada, Jerman termasuk negara yang terbuka terhadap mahasiswa asing. Setelah kamu lulus, kamu punya kesempatan untuk tetap tinggal dan mencari kerja di negara ini. Hukum di Jerman memperbolehkan lulusan internasional untuk tinggal di Jerman selama 18 bulan untuk mencari kerja. Kamu pun bisa menetap lebih lama apabila kamu memang menginginkannya.

Nah, demikianlah keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan kuliah di Jerman. Semakin banyak pilihan nih, untuk kamu. Jadi, putuskan negara mana yang paling nyaman buatmu ya, Anak Rantau.

Baca juga Alasan Mengapa Filipina Jadi Pilihan untuk Lanjut Kuliah

Ingin mengetahui cerita lain di Berlin?