fbpx

Bagaimana Dampak Virus Corona Terhadap Olimpiade Tokyo 2020?

Sampai saat ini, dunia masih menghadapi kejadian luar biasa dari virus Corona. Di China sendiri, ada lebih dari 74.000 orang yang terinfeksi. Kemudian, negara tetangga China, yakni Jepang, menjadi negara kedua yang memiliki jumlah orang terbanyak yang terinfeksi. Yang menjadi pertanyaan, bagaimanakah dampak dari virus Corona ini terhadap penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020?

Kondisi Jepang

Dampak Virus Corona
Sumber: nst.com.my

Dapat dibilang, kondisi Jepang cukup mengkhawatirkan. Sampai saat ini, diperkirakan ada 73 kasus yang terkonfirmasi sebagai virus Corona di Jepang dan ada sekitar 620 penumpang yang positif terjangkit di kapal pesiar Diamond Cruise. Pada akhirnya, hal ini membawa keraguan sejauh mana keamanan Tokyo sebagai penyelenggara dari Olimpiade Tokyo.

Pemilihan Tokyo, Jepang, sebagai penyelanggara dari Olimpiade Tahun 2020 sudah berlangsung sejak 7 September 2013. Hal ini membuat Tokyo menjadi negara Asia pertama yang menyelenggarakan Olimpiade Musim Panas untuk kedua kalinya.

Tak ada wacana pindah

Dampak Virus Corona
Sumber: solutions.chep.com

International Olympic Committee (IOC) yang didampingi oleh World Health Organization (WHO), belum memiliki wacana untuk memindahkan tempat penyelenggaraan Olimipade kali ini. Bagi mereka, situasi dari virus Corona belum sampai mencapai titik ketika pergeseran yang dramatis dibutuhkan.

Tentu hal ini membuat semua orang bertanya-tanya. Apakah Tokyo masih bisa menjadi tuan rumah yang aman? Apalagi, untuk vaksin dari virus Corona sendiri belum mendapatkan titik terang hingga sekarang. Meskipun, para peneliti dari sejumlah universitas terus berupaya untuk menemukannya.

Maka dari itu, banyak spekulasi yang muncul mengenai rencana cadangan apabila nantinya Tokyo tidak bisa menjadi kota yang aman untuk menyelenggarakan Olimpiade 2020.

Kemungkinan diundur

Dampak Virus Corona
Dr. Hitoshi Oshitani. Sumber: timesofisrael.com

Dilansir dari Global News, Dr. Hitoshi Oshitani seorang virologi Jepang menyatakan bahwa akan sullit untuk menyelenggarakan Olimpiade sekarang. “Kita membutuhkan jalan terbaik untuk menyelenggarakan Olimpiade yang aman,” ujar Oshitani.

Kemungkinan untuk mengundurkan jadwal ini menyusul dampak dari virus Corona yang begitu cepat menyebar. Sejumlah babak penyisihan Olimpiade dibatalkan atau diundur. Kemudian, tidak mudah lagi mendapatkan izin bepergian dari negara asal. Hal ini pun pada akhirnya membuat para atlet dan keluarganya resah.

Meskipun demikian, Oshitani masih berharap bahwa Olimpiade Tokyo 2020 masih bisa tetap berjalan pada 24 Juli-9 Agustus mendatang. Tentu masih banyak ketidakpastian yang menyelimuti, akan tetapi, Oshitani masih berkeyakinan bahwa kejadian luar biasa tidak akan terjadi di Jepang pada bulan Juli.

Dampak Virus Corona terhadap penyelenggaran Olimpiade ini memang sangat mengejutkan. Dalam artian, menyebarnya virus ini bukan hanya menimbulkan panik, tapi juga ketidakpastian di masa depan. Maka dari itu, kamu harus mampu untuk terus waspada ke depannya saat berpergian, Kawan Rantau.

Kamu juga bisa membaca tentang ragam pemerintah di 5 negara untuk menangkal virus Corona.

For Your Information

Bagaimana kondisi Jepang saat ini terkait dengan virus Corona?

Dapat dibilang, kondisi Jepang cukup mengkhawatirkan. Sampai saat ini, diperkirakan ada 73 kasus yang terkonfirmasi sebagai virus Corona di Jepang dan ada sekitar 620 penumpang yang positif terjangkit di kapal pesiar Diamond Cruise.

Apakah Olimpiade Tokyo akan tetap dilaksanakan?

Sampai saat ini belum ada wacana pembatalan dari Olimpiade Tokyo 2020.

Bagaimana dampak dari virus Corona terhadap Olimpiade Tokyo 2020?

Simak pembahasannya lebih lanjut di artikel berikut ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Tokyo?