fbpx

Lowongan Management Trainee FMCG yang Populer di Indonesia

Management Trainee menjadi salah satu jalur karir dan lowongan yang diminati fresh graduate di Indonesia. Pilihan programnya pun beragam. Mulai dari yang ditawarkan oleh perusahaan Fast-moving consumer goods (FMCG), bank, hingga start-up. Berikut sejumlah pilihan karir management trainee FMCG di Indonesia yang cukup populer.

Nestle Management Trainee Program

karir management trainee fmcg - nestle
Sumber: nestle.co.id

Yang pertama dalam daftar lowongan management trainee FMCG ada Nestle. Nestle merupakan perusahaan makanan dan minuman terbesar di dunia. Memiliki lebih dari 2000 merek, Nestle hadir di 191 negara di seluruh dunia. Tak heran apabila Nestle membuka program management trainee di Indonesia.

Yap, tiap tahun, Nestle Indonesia merekrut para lulusan terbaik untuk ditempatkan di berbagai bidang bisnis mereka. Program ini berdurasi selama dua tahun dan akan mempersiapkan kamu menjadi pemimpin masa depan bisnis Nestle Indonesia.

Ketika menjalani program ini, nantinya kamu akan mendapatkan kesempatan untuk memilih fungsi-fungsi yang ada. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Commercial
  2. Supply Chain
  3. Finance
  4. Procurement
  5. Technical
  6. Legal & Corporate Affairs
  7. Human Resources

Setiap fungsi memiliki kriteria masing-masing. Akan tetapi, yang pasti setiap lulusan baru dapat mendaftar program management trainee ini.

1. Unilever Future Leaders Programme

Sumber: unilever.co.id

Unilever sebagai salah satu perusahaan FMCG terbesar di Indonesia juga membuka karir management trainee. Program tersebut bernama Unilever Future Leader Programme. Selama tiga tahun, kamu akan disiapkan menjadi pemimpin masa depan Unilever.

Melalui UFLP, kamu akan diberi kesempatan untuk belajar dari berbagai divisi, rotasi internasional, hingga mendapatkan pelatihan serta pengembangan profesional langsung dari para pemimpin Unilever.

Setiap tahunnya, UFLP akan dibuka pada bulan Mei. Program ini terbuka bagi mahasiswa S1 dari semua jurusan. Untuk pilihan departemennya sendiri akan berubah-ubah tiap tahunnya. Hal ini tergantung dari kebutuhan perusahaan.

2. MT STAR – Danone

karir management trainee fmcg  - danone
Sumber: glassdor.com

MT STAR merupakan program management trainee yang dipersembahkan oleh Danone Indonesia. Tentu tujuan utama dari program ini adalah menjadikan kamu sebagai manajer dari Danone.

Selama program, kamu akan terlibat dalam berbagai proyek yang dibuat oleh Danone. Berbagai tugas akan diberikan untukmu sebagai upaya untuk melatih pemikiran kristis, kemampuan menyelesaikan masalah, hingga berjejaring yang kamu miliki.

Danone akan memberikan kamu kebebasan dan keluwesan dalam meneraapkan gagasan dan inisiatif yang kamu miliki. Sama seperti Nestle dan Unilever, ada sejumlah fungsi yang dapat kamu pilih. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Cycles and procurement
  2. Finance
  3. General secretary
  4. Healthcare nutrition
  5. Human resources
  6. Information system
  7. Manufacturing
  8. Marketing
  9. Quality and food safety
  10. Research and innovation
  11. Sales/Business development
  12. Supply chain

3. Paragon Management Trainee

karir management trainee fmcg  - paragon
Sumber: idntimes.com

Nama Paragon mungkin tidak terlalu familiar bagi sebagian besar orang. Akan tetapi, bagaimana dengan kosmetik Wardah? Yap, pada dasarya, Paragon merupakan induk dari brand kosmetik seperti Wardah dan Emina.

Sebagai salah satu perusahaan FMCG terbesar di Indonesia, Paragon juga membuka kesempatan bagi para lulusan baru untuk mengikuti program yang mereka sediakan. Mulai dari Paragon Leader Development Program hingga Management Trainee.

Bagi Paragon, para Paragonian–pekerja di Paragon–merupakan aset yang tak tergantikan. Maka dari itu, mereka mengupayakan banyak sekali pelatihan dan pengembangan bagi para Paragonian.

Untuk perekrutannya sendiri, Paragon biasa membuka program One Stop Hiring di beberapa kota. Akan ada posisi tertentu yang bisa dipilih oleh para calon Paragonian. Tentu, penawaran posisi tersebut akan berbeda-beda setiap waktu. Tergantung dari kebutuhan perusahaan.

4. Graduate Trainee Program, Coca Cola Amatil Indonesia

Sumber: designpartnersindonesia.com

Untuk kamu yang ingin berkarir di Coca Cola, kamu bisa mengikuti Graduate Trainee Program. Program ini merupakan program management trainee yang akan memberikan lulusan baru berbagai keahlian teknis yang diperlukan untuk mencapai percepatan jenjang karir.

Berbeda dengan program lainnya, GTP hanya memakan waktu selama 6 bulan saja. Proses yang dilalui oleh para peserta pun cukup sederhana. Pertama, peserta mendapatkan pelatihan secara umum, maupun fungsional. Kemudian, para peserta ditempatkan di fungsi tertentu. Terakhir, para peserta akan ditempatkan di posisi mereka yang permanen.

Sejumlah departemen yang bisa kamu pilih ketika mengikuti program ini adalah sebagai berikut:

  1. Supply Chain
  2. Cold Drink Equipment Services (CDES)
  3. Human Resources
  4. Logistis
  5. Sales

Demikianlah sejumlah pilihan karir management trainee di bidang FMCG yang cukup populer di Indonesia. Apakah kamu tertarik untuk mencoba salah satu di antaranya, Kawan Rantau?

Pada dasarnya, lowongan management trainee FMCG memiliki keistimewaan tersendiri. Kalau kamu penasaran, berikut merupakan keuntungan secara umum yang akan kamu dapat apabila mengikuti program management trainee. Semangat untuk bisa meraih karir impianmu ya, Kawan Rantau.

For Your Information

Apa itu program management trainee?

Program management trainee merupakan program percepatan karir bagi lulusan muda yang kreatif supaya siap menghadapi tantangan di dunia karir. Program ini menjadi salah satu program perekrutan karyawan yang efektif.

Apa saja pilihan program management trainee yang ada?

Pilihan program management trainee pada dasarnya beragam. Mulai dari yang ditawarkan oleh perusahaan Fast-moving consumer goods (FMCG), bank, hingga start-up

Apa saja pilihan karir management trainee yang populer di Indonesia?

Baca artikel ini untuk tahu jawabannya.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?