fbpx

Cara Dapatkan Pekerjaan di Tengah Pandemi COVID-19

Tidak ada yang bisa memprediksi apa yang akan terjadi ke depannya. Apalagi di tengah pandemi COVID-19 yang tidak menentu. Akibat ketidakpastian tersebut, banyak orang yang kehilangan pekerjaan mereka. Lalu, apakah mungkin mendapatkan pekerjaan di tengah pandemi ini? Berikut akan kami ulas sejumlah cara untuk dapatkan pekerjaan di tengah pandemi COVID-19.

Berpikir untuk jangka pendek dan jadi kreatif

Sumber: unsplash.com

Di tengah pandemi ini memang tak mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Banyak industri yang kesulitan bertahan. Sebagai contoh industri di bidang transportasi, travel, dan juga minyak. Alhasil, opsi layoff menjadi salah satu cara untuk mempertahankan jalannya perusahaan.

Nah, di saat seperti ini, kamu haruslah berpikir untuk jangka pendek. Dalam artian, apa yang bisa kamu lakukan hari ini, atau satu-dua bulan ke depan. Maka dari itu, bukanlah hal yang salah apabila kamu mengambil pekerjaan yang mungkin berbeda dengan jurusan yang kamu ambil sekarang. Hal tersebut akan dimkalumi di tengah krisis seperti ini.

Kamu bisa memanfaatkan kemampuanmu di bidang yang mungkin saja berbeda dengan jurusan yang kamu tempuh. Toh, pada akhirnya pengalaman tersebut akan memberikan pengalaman yang berhaga untukmu nantinya.

Perbaiki resume

Sumber: unsplash.com

Salah satu poin penting untuk mencari pekerjaan di tengah pandemi adalah memperbaiki resume yang kamu miliki. Meskipun kamu mencari pekerjaan untuk jangka pendek, bukan berarti kamu bisa seenaknya saja dalam melamar pekerjaan. Buatlah resume yang menarik dan menunjukkan value yang kamu miliki.

Berika deskripsi yang jelas untuk setiap pengalaman yang pernah kamu lalui sebelumnya. Kemudian, sesuaikan bentuk resume dengan perusahaan yang kamu lamar. Resume yang menarik dari segi desain bisa jadi sangat menarik di mata perusahaan.

Persiapkan diri untuk jalani wawancara daring

Sumber: unsplash.com

Di saat seperti ini, perusahaan yang sedang melakukan perekrutan akan melaksanakan wawancara daring bagi kandidat pekerjanya. Wawancara secara daring atau langsung sebetulnya tidak jauh berbeda. Akan tetapi, kamu harus bisa menyiapkan diri sebaik mungkin.

Apabila kamu penasaran kiat dan tips sukses jalani wawancara secara daring, baca artikel berikut ini.

Demikianlah sejumlah cara untuk dapatkan pekerjaan di tengah pandemi COVID-19. Semoga kamu mendapatkan keancaran ya, Kawan Rantau. Perhatikan kondisi dan manfaatkan kesempatan yang ada. Jangan lupa untuk selalu berpikir positif. Semangat!

For Your Information

Apakah saya bisa mendapat pekerjaan di tengah pandemi COVID-19?

Memang tidak mudah. Akan tetapi kemungkinan itu tetap ada.

Bagaimana cara saya bisa mendapatkan pekerjaan?

Simak jawabannya di artikel berikut ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?