Jejak Pendidikan Para Chef Indonesia di Luar Negeri

Dunia memasak profesional memang membutuhkan kerja keras yang tidak ada habisnya. Dengan demikian, tak heran kalau sejumlah chef terkenal di Indonesia mengawali karirnya dengan bersekolah di luar negeri. Berikut merupakan jejak pendidikan para chef di Indonesia yang sempat mengeyam pendidikan di luar negeri.

Renatta Moeloek

Chef Renatta. Sumber: tempo.co

Chef Renatta terkenal karena perannya sebagai salah seorang juri di Master Chef Indonesia 2019. Perempuan kelahiran 1994 ini, ternyata pernah menempuh pendidikan memasak di Le Cordon Bleu Culinary Art, Paris, Perancis. Iya, salah satu sekolah kuliner terbaik di dunia itu.

Dari pendidikannya tersebut, Chef Renatta mendapatkan gelar Diploma Superior Cuisine and Superior Pastry pada tahun 2018. Kemudian, setelah lulus, Chef Renatta mendapatkan kesempatan untuk bekerja di Garance Saint Dominique, salah satu restoran dengan bintang Michelin yang ada di Paris, Perancis.

Rinrin Marinka

Chef Marinka. Sumber: nibble.id

Selain chef Renatta, chef Marinka juga merupakan juri di Master Chef Indonesia. Perempuan bernama asli Maria Irene Susanto ini telah memiliki hobi memasak sejak SD.

Maka dari itu, pada tahun 2002, chef Marinka memutuskan untuk menjalani pendidikan kuliner di Le Cordon Bleu, Sydney, Australia. Dengan pendidikannya tersebut, chef Marinka berhasil mendapatkan gelar Diploma of French Cuisine & Pattiseire.

Sekarang ini, chef Marinka aktif mengajar di Pantry Magic Cooking School, Kemang, Jakarta.

Farah Quinn

Farah Quinn. Sumber: radarbogor.id

Membicarakan para chef perempuan asal Indonesia, maka tak lengkap bila kita tak menyebutkan nama Farah Quinn. Farah Quinn dikenal karena kepiawaiannya dalam membawakan acara memasak yang digandrungi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Mulanya, Farah Quinn menempuh pendidikan di Indiana University of Pennsylvania. Dari kampus tersebut, Farah mendapatkan gelar sarjana di bidang finance. Kemudian, kecintaannya dalam memasak membuat Farah mengambil pendidikan memasak di Pennsylvania Culinary Institute. Dari situlah Farah mendapatkan gelar untuk pastry arts.

Bara Pattiradjawane

Sumber: antaranews.com

Bagi yang mengenal restoran GulaGoela, maka restoran cantik tersebut tak terlepas dari peran Bara Pattiradjawane di dalamnya. Chef Bara memang tidak memiliki jejak pendidikan akademik di bidang kuliner. Akan tetapi, ia sempat mengeyam pendidikan di Webster University, Austria, dan mengambil jurusan hubungan internasional.

Setelah lulus dari Webster, pada tahun 1987, Bara sempat menjalani kuliah di Parsons School of Arts and Design, Paris, Perancis. Sayangnya, ia tak sempat menyelesaikan studinya di sana.

Meskipun demikian, kecintaannya pada memasak membuat chef Bara terus berkarya. Tak heran apabila sekarang chef Bara sering berseliweran di televisi dan menjadi salah satu chef yang disegani di Indonesia.

Degan Septoadji

Chef Degan. Sumber: nowjakarta.co.id

Salah satu juri Master Chef Indonesia lainnya yang memiliki reputasi kuat di dunia kuliner adalah Chef Degan. Chef Degan telah memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun di bidang kuliner, mulai dari di restoran yang ada di Jerman, Perancis, hingga Inggris.

Sebelum berkarir, chef Degan sempat menempuh pendidikan di Berufsbildende Schule Technik II, Ludwigshafen, Jerman, atau sekolah kejuruan di bidang Culinary Arts.

Karena kepiawaiannya di bidang kuliner, chef Degan pun ditunjuk sebagai guest chef untuk Le Cordon Bleu Paris dan juga London untuk mengenalkan masakan Indonesia pada tahun 2017-2019.

Demikianlah sejumlah jejak para chef Indonesia yang menempuh pendidikan di luar negeri. Kira-kira, apakah kamu akan melakukan hal yang sama, Kawan Rantau?

Kamu juga bisa membaca ulasan kami tentang jejak pendidikan jurnalis Indonesia yang juga mengeyam pendidikan di luar negeri.

Apakah seorang chef harus bersekolah di bidang kuliner?

Jalan menjadi seorang chef tentu akan sangat beragam. Ada chef yang harus mengeyam pendidikan di sekolah kuliner terlebih dahulu, ada pula yang tidak.

Apakah saya bisa menjadi chef tanpa bersekolah di sekolah kuliner?

Tidak ada yang tidak mungkin. Sebagai contoh, Chef Bara Pattiradjawane merupakan lulusan ilmu hubungan internasional di Webster University. Akan tetapi, ia tetap bisa menjadi seorang chef yang handal.

Siapa saja chef Indonesia yang menempuh pendidikan di luar negeri?

Baca artikel ini untuk tahu jawabannya.