fbpx

Jangan Ngaku Anak Hubungan Internasional Kalau Belum Membaca Buku-buku Ini

Ilmu Hubungan Internasional (HI) menjadi salah satu jurusan yang unik karena termasuk dalam ilmu yang multidisiplin. Menjadi bagian dari ilmu politik, HI terus tumbuh menjadi salah satu jurusan favorit. Nah, kira-kira, apa sih buku-buku yang wajib banget dibaca oleh anak HI?

Introduction to International Relations: Theories and Approeaches – Robert Jackson dan Georg Sorensen

Buku anak HI - Introduction to IR
Sumber: Goodreads.com

Salah satu buku teks utama untuk mengenal HI adalah Introduction to International Relations karya Robert Jackson dan Georg Sorensen. Melalui buku ini, kamu akan mempelajari tradisi teoretis utama dalam ilmu HI, mulai dari realisme, liberalisme, masyarakat internasional, hinga teori-teori ekonomi politik internasional.

Kedua penulis berupaya menjelaskan bagaimana suatu teori dapat terbentuk dan digunakan untuk kita melihat satu fenomena. Bahasa yang mudah dipahami menjadi salah satu faktor mengapa buku ini tepat digunakan untuk mengenal ilmu HI dari awal.

Pilihan buku lainnya sebagai pengantar untuk ilmu HI adalah An Introduction to International Relations karya Richard Devetak dan International Relations Theory: Realism, Pluralism, Globalism, and Beyond karya Paul R. Viotti dan Mark V. Kauppi.

Man, the State, and War: A Theoretical Analysis – Kenneth N. Waltz

Sumber: goodreads.com

Pada dasarnya, pembahasan utama dalam ilmu HI adalah perang dan damai. Maka dari itu, Man, the State, and War akan memberi kamu jawaban atas apa sebetulnya penyebab terjadinya perang. Profesor Kenneth Waltz yang menulis buku ini akan mengajak kamu melihat lebih jauh sejarah peradaban barat.

Melalui buku ini, ia akan mengeksplorasi lebih jauh pemikiran para pemikir politik klasik seperti St. Augustine, Thomas Hobbes, hingga Immanuel Kant. Selain itu, Waltz juga memberikan eksplorasi dari para prsikolog modern dan para antropolog mengenai perang dan hubungannya dengan kondisi damai.

The Globalization of World Politics: An Introduction to International Relations – John Baylis dan Steve Smith

Buku anak HI - The Globalization of World Politics
Sumber: Goodreads.com

Globalisasi tak dapat dipungkiri menjadi salah satu hal yang masih diperdebatkan hingga sekarang. Apakah globalisasi merupakan fenomena yang sama sekali baru atau sebuah proses yang terus berkelanjutan? Melalui The Globalization of World Politics, maka kamu akan mendalami ilmu Hi lebih jauh ketika dihadapkan terhadap fenomena globalisasi.

Buku ini menjadi salah satu buku teks yang wajib dibaca oleh anak HI. Bagian pertama dari buku ini akan membicarakan evolusi dari tatanan internasional yang ada sekarang. Kemudian, bagian kedua akan membahas peran dari berbagai aktor dalam politik internasional.

Terakhir, di bagian ketiga dibahas mengenai tantangan global yang dihadapi oleh komunitas internasional secara keseluruhan. Mulai dari kemiskinan, lingkungan, proliferasi nuklir, hingga terorisme.

The Political Economy of International Relations – Robert Gilpin

Sumber: goodreads.com

Salah satu fokus kajian yang menjadi favorit anak-anak HI adalah ekonomi politik internasional. Maka dari itu, The Political Economy of International Relations karya Robert Gilpin menjadi salah satu buku teks penting yang harus kamu baca.

Dalam buku ini, Robert Gilpin menyatakan bahwa power dari Amerika penting dalam pembentukan institusi dunia seperti Bank Dunia dan juga International Monetary Fund (IMF). Maka dari itu, Gilpin melihat bahwa kekuatan besar seperti Amerika Serikat penting keberadaannya dalam membentuk kerja sama internasional.

Pada dasarnya, ekonomi dan politik suatu negara tak dapat dipisahkan begitu saja. Meskipun demikian, pertanyaan mengenai kerja sama internasional terus menjadi perdebatan keefektifannya.

Gendering World Politics: Issues and Approaches in the Post-Cold War Era – J. Ann Tickner

Buku anak HI - Gendering World Politics
Sumber: goodreads.com

Apabila kamu tertarik untuk memahami isu gender dalam hubungan internasional, maka kamu harus mencoba untuk membaca Gendering World Politics karya J. Ann Tickner.

Melalui buku ini, Tickner berfokus untuk menggunakan pendekatan feminis untuk menganalisis isu-isu terbaru dalam agenda hubungan internasional sejak berakhirnya Perang Dingin, seperti konflik etnis dan isu keamanan lainnya. Selain itu, ia juga mencoba menganalisis fenoma globalisasi, demokratisasi, dan juga hak asasi manusia.

Tickner mencoba untuk menggarisbawahi bahwa terdapat kesalahpahaman antara pendekatan arus utama dengan feminis. Ia mencoba untuk mengkesplorasi lebih jauh perdebatan yang berkembang dalam hubungan internasional setelah berakhirnya Perang Dingin.

Buku-buku lainnya yang bisa kamu baca untuk memahami isu gender di bidang HI adalah Bananas, Beaches and Bases: Making Feminist Sense of International Politics karya Cynthia Enloe dan Feminism without Borders Decolonizing Theory, Praciticing Solidarity karya Chandra Talpade Mohanty.

Demikianlah sejumlah buku yang akan membantu kamu menjalani perkuliahan sebagai anak HI. Apakah kamu ada bacaan favorit lainnya, Kawan Rantau?

Kamu juga bisa membaca perbedaan dari ilmu politik dan juga ilmu hubungan internasional.