Ini Hal-Hal yang Sebaiknya Kamu Siapkan Sebelum Menghadapi Penerbangan Panjang

Penerbangan panjang memang melelahkan, terjebak dalam waktu panjang di ruang gerak yang sempit dengan akses yang minim untuk ke toilet. Namun, kenyamanan saat di penerbangan panjang sangat berpengaruh terhadap kondisi kamu saat tiba di negara tujuan nanti sehingga sangat penting untuk diperhatikan. Berikut adalah hal-hal simpel yang perlu dipersiapkan agar penerbangan panjangmu terasa nyaman:

1. Gunakan sepatu yang nyaman

Sumber gambar: lonelyplanet.com

Ruang kaki yang sempit dan kesempatan bergerak yang minim di pesawat dalam waktu lama dapat menyebabkan pembengkakan kaki. Terlebih lagi kondisi ini akan diperparah dengan sepatu yang sempit yang semakin menghambat peraliran darah. Sebaiknya pakailah sepatu yang longgar untuk memberi akses peredaran darah yang lebih baik, serta berjalanlah keliling kabin pesawat sesekali di penerbangan panjang.

2. Kemas carry-on dengan teratur

Sumber gambar: ispydiy.com

Daripada harus repot-repot melewati tempat duduk rekan sebelah untuk mengambil barang-barang yang dibutuhkan di overhead cabin, lebih baik simpan barang-barang yang dibutuhkan selama penerbangan di tas barang pribadi yang diletakkan di sekitar tempat duduk. Untuk mempermudah mencari barang yang ingin digunakan, bisa juga dengan mengemas barang-barang sesuai kategori dalam tas-tas kecil: misalnya satu pouch untuk gadget, satu pouch untuk perlengkapan mandi, dan satu pouch lainnya untuk makanan ringan.

3. Siapkan gadget beserta isinya

Sumber gambar: spiegel.de

Walaupun di penerbangan panjang pada umumnya disediakan banyak media hiburan entah itu film atau lagu dalam televisi yang tersedia di setiap bangku, namun ada kalanya media yang tersedia tidak sesuai dengan selera pribadi. Persiapkan gadget yang biasa kamu gunakan untuk media hiburan dan unduh media-media yang diinginkan sebelum penerbangan berlangsung.

4. Bawa pelembap kulit

Sumber gambar: jetsetter.com

Kabin pesawat umumnya memiliki kelembapan yang sangat minim yaitu dibawah 20 persen, setara dengan kondisi di padang pasir. Kulit yang kering akan merespon dengan mengeluarkan ekses minyak yang akan membuat tubuhmu terkesan kotor. Maka, jangan lupa untuk membawa pelembap kulit agar kulitmu senantiasa terjaga!

Nah itu dia tips-tips untuk lebih nyaman dalam penerbangan panjang kamu selanjutnya! Have a safe and pleasant flight!