fbpx

Ingin Jadi Lebih Bahagia? Cobalah untuk Mengenali Diri Sendiri

Terkadang, kita merasa ada hal yang kurang dalam diri kita. Hal ini bisa disebabkan oleh kurangnya kita dalam mengenali diri sendiri. Padahal, mengenali diri sendiri merupakan suatu hal yang penting untuk membuat diri kita menjadi lebih bahagia.

Pentingnya mengenali diri sendiri

Mengenal diri sendiri dapat diartikan sebagai bentuk pemahaman akan perasaan, motivasi, dan pola pikir yang kita miliki. Hal ini dapat membantu kita lebih menghargai diri kita sendiri.

Tanpa adanya upaya mengenal diri sendiri, kamu akan cenderung untuk menyetujuin pendapat orang lain dan menganggapnya sebagai suatu kebenaran. Padahal tentu hal tersebut belum tentu benar.

Mampu mengenal diri sendiri dapat mendorong kita untuk membuat keputusan yang lebih baik. Bagaimanapun, kita dapat memiliki kemampuan untuk merefleksikan pemikiran kita terhadap apa yang kita lakukan.

Lebih mengenal diri sendiri saat kuliah di luar negeri

Dalam episode podcast terbarunya, Krisna Pariadjie membagikan pengalamannya saat berkuliah di University of California, Davis, Amerika Serikat.

Ia menyatakan bahwa salah satu manfaat yang ia dapat selama berkuliah di negeri adalah ia mampu lebih mengenal dirinya sendiri. Hal ini bermula saat ia menyadari bahwa ia bebas melakukan apa saja saat berada di Amerika. Tentunya, hal yang ia lakukan tersebut tidak akan mempengaruhi siapapun.

Kemudian, ia pun menyadari sangatlah penting baginya untuk mengenal dirinya sendiri supaya apapun yang ia lakukan saat kuliah tetap berada di jalan yang benar.

Salah satu hal yang Krisna sadari adalah, meskipun ia adalah seorang esktrover, Krisna menyadari bahwa terkadang ia membutuhkan waktu untuk sendirian. Dengan menghabiskan waktu sendirian di kamar, Krisna merasa fully atau socially heal.

Pada akhirnya, Krisna menyatakan bahwa dengan tinggal sendiri saat kuliah di luar negeri, ia berhasil mencoba untuk menemukan jati dirinya. Tentunya, Krisna juga merasa menjadi lebih bahagia dengan refleksi-refleksi yang ia dapatkan.

Selengkapnya mengenai pengalaman Krisna saat kuliah di luar negeri bisa kamu dengarkan di sini:

Baca juga kota-kota ramah pelajar yang ada di Amerika Serikat.

For Your Information

Apa itu mengenali diri sendiri?

Mengenal diri sendiri dapat diartikan sebagai bentuk pemahaman akan perasaan, motivasi, dan pola pikir yang kita miliki. Hal ini dapat membantu kita lebih menghargai diri kita sendiri.

Mengapa penting untuk mengenal diri sendiri?

Baca pembahasan lengkapnya di artikel berikut ini.

Ingin mengetahui cerita lain di California?