5 Hidangan Khas Berbuka Puasa dari Berbagai Negara

Saat ini, bulan suci Ramadhan tengah menyapa seluruh umat muslim di berbagai belahan dunia. Berbeda dengan sebelas bulan lainnya, Ramadhan memiliki banyak keistimewaan yang disambut gegap gempita. Mulai dari menyiapkan hidangan sahur, berpuasa seharian penuh, hingga berburu santap buka puasa.

Biasanya kamu di sore hari pasti tengah dilanda kemacetan di berbagai titik jalan yang dipadati penjual dan pembeli aneka takjil yang beraneka ragam. Ada kolak, es buah, gorengan, dan makanan yang menggugah selera. Tak berbeda jauh, ternyata di berbagai negara di dunia punya hidangan khusus berbuka puasa lho. Uniknya, bahkan hidangan tersebut khusus dibuat di saat bulan Ramadhan saja.

Kira-kira dari beberapa hidangan berbuka ini, mana yang paling menggugah selera kamu?

5. Kepiting Rebus, hidangan berbuka dengan cita rasa gurih dari Brunei Darussalam.

Sumber: Qraved

Jika biasanya hidangan berbuka identik dengan rasa manis, maka Brunei muncul dengan menu dengan cita rasa gurih. Adalah kepiting rebus, hidangan utama berbuka puasa masyarakat Brunei. Hal ini tentu dinikmati oleh penjual kepiting karena permintaan yang jauh meningkat di bulan Ramdhan. Urusan selera, memang tidak bisa disamakan ya.

4. Roti Dide, roti panggang khas Turki yang hanya dijual sebulan dalam setahun.

Sumber: Tfanews

Makanan yang sering disebut-sebut sebagai pizza Turki ini merupakan roti panggang dengan taburan keju, sausage khas Turki, telur, daging giling, dan lainnya. Cocok buat kamu yang langsung ingin menyantap makanan berat ketika berbuka puasa.

3. Samosa, gorengan khas milik masyarakat Pakistan.

Sumber: Cairo Food

Samosa biasa dikenal sebagai makanan ringan khas Pakistan dengan isian daging giling, bawang, serta rempah-rempah yang digoreng renyah dengan balutan adonan tipis. Nantinya sebagai penambah cita rasa kamu bisa menaburkan saus aneka rasa.

2. Medames, makanan khas Mesir yang sudah ada semenjak zaman pemerintahan Fir’aun.

Sumber: Gulalives

Terbuat dengan bahan utama kacang yang dicampur dengan minyak sayur, bawang  merah, bawang putih, dan air lemon. Makanan ini biasanya disantap sebagai sarapan tetapi khusus bulan puasa, santapan ini dijadikan sebagai menu utama untuk berbuka.

1. Kurma, hidangan berbuka khas Arab Saudi yang sudah mendunia.

Sumber: Tagar News

Buah khas Arab Saudi ini memang sudah menjadi legenda sebagai hidangan utama berbuka puasa di berbagai negara. Kamu bisa menikmatinya utuh atau ditambah keju sebagai penambah cita rasa.

Setiap negara memiliki cita rasa yang berbeda dengan kekayaan bumbu khas masing-masing. Hal itu bisa menjadi referensi untu kamu jika berkunjung ke negara tersebut ketika bulan Ramadhan. Kalau kamu, apa hidangan khusus berbuka puasanya?