Travel ke Eropa, Kunjungi Pasar Keju Khas Belanda Ini!

Kamu si pencinta keju, tentu paham dong gimana lezatnya makanan seperti pizza, roti, salad, bahkan bakso sekalipun jika ditambahi dengan topping ekstra keju di atasnya. Hmmm. Tidak cukup hanya menikmati lezatnya keju dari tempat makan biasa, kamu harus memasukkan negara yang satu ini ke dalam bucket list destinasi liburan.

Sumber: detikFood

Yap! Belanda. Selain dikenal sebagai “Negara Kincir Angin” atau “Negara Tulip”, Belanda terkenal dengan negara penghasil keju. Bahkan olahan keju sudah dibuat ratusan tahun yang lalu oleh petani dan menjadi negara pengekspor keju terbesar di dunia hingga saat ini[. Wow!

Ada beberapa pasar keju tradisional di Belanda, salah satunya yang harus kamu kunjungi adalah Alkmaar Cheese Market yang terletak di sebelah utara kota Amsterdam. Alkmaar merupakan pasar terbesar yang sudah berdiri semenjak tahun 1365 sampai sekarang setiap Hari Jumat pukul 10.00 hingga 13.00 sepanjang bulan April hingga September. Sebelum berkunjung, yuk kita bahas pasar keju dengan pengunjung paling banyak di dunia ini!

Alkmaar Cheese Market mulai dibuka dengan dentingan lonceng yang dibunyikan oleh tamu kehormatan. Selanjutnya narator akan menjelaskan tentang pasar keju ini dalam tiga bahasa yaitu Belanda, Jerman, Inggris, dan Perancis. Para cheese inspector akan menguji keju-keju di depan rumah penimbangan menggunakan skrup khusus yang diputa-putar untuk menarik sedikit dari keju ini.

Sumber: kaasmarkt.nl

Keju kualitas bagus terdiri dari rongga yang menyebar merata. Sedangkan jika tidak ada rongga udaranya biasa disebut blind cheese yang merupakan keju dengan kualitas rendah.

Sumber:123rf.com

Proses tawar-menawar berlangsung unik dengan pembeli dan penjual saling menepuk tangan dan jika harga sudah disepakati kedua belah pihak akan bersalaman. Keju ini selanjutnya akan ditimbang di rumah penimbangan yang diangkut oleh petugas pembawa keju. Selanjutnya, keju-keju yang sudah ditimbang ini kemudian dipanggul dan dipindahkan ke kereta atau perahu.

Sumber: travellers

Orang-orang yang terlibat di dalam pasar tradisional keju ini menggunakan kostum khusus sesuai tugasnya masing-masing. Ada tamu kehormatan, cheese inspector, petugas penimbangan, petugas pembawa keju, cheese girl yang menawarkan keju kepada pengunjung untuk oleh-oleh, dan lain-lain.

Sumber: Shutterstock

Tidak hanya itu, di sekitar area ini juga banyak penjual yang menjajakan berbagai makanan olahan keju dan oleh-oleh khas Belanda. Alkmaar terkenal bukan hanya soal cita rasa kejunya saja namun karena promosi pariwisata yang dikemas dengan mempertahankan nuansa tradisionalnya di era modern ini. Jangan mengaku pencinta keju kalau belum mengunjungi Alkmaar! Hehehe, bercanda deng.