Mencicipi Kimchi, Makanan Wajib Masyarakat Korea

Demam K-POP ternyata tidak hanya melibatkan artis atau pun penyanyi asal Negeri Ginseng tetapi juga di berbagai aspek kehidupan, salah satunya makanan. Yap! Salah satu makanan yang tidak pernah lepas dari penduduk Korea adalah kimchi. Salah satu jenis asinan sayur hasil dari fermentasi yang diberi bumbu rempah dan cabai.

Kamu yang suka menonton drama atau serial Korea pasti sering melihat kimchi sebagai hidangan wajib apapun jenis makanan utamanya. Sayuran paling umum yang dipakai untuk membuat hidangan kimchi adalah lobak dan sawi putih. Di beberapa makanan bahkan kimchi dipakai sebagai bahan utama seperti sup kimchi (kimchi jjigae) dan nasi goreng kimchi (kimchi bokkeumbap). Kamu tentu penasaran kan, apa sih istimewanya makanan yang satu ini? Yuk, kita bahas.

Dalam proses pembuatannya, kimchi tidak dapat langsung dimakan melainkan harus difermentasikan dengan air garam dan disimpan minimal selama dua hari.

Selain itu, pembuatan kimchi secara tradisional biasanya di simpan di dalam tempayan dok yang ada di halaman rumah penduduk Korea. Hal ini bertujuan agar fermentasi berhasil karena selama proses ini kimchi tidak boleh dimasukkan ke dalam lemari pendingin. Dilansir dari akun youtube Bandung Oppa, seiring perkembangan teknologi, sekarang ini rumah-rumah penduduk Korea memiliki kulkas khusus yang digunakan untuk menyimpan aneka jenis kimchi. Segitu pentingnya ya makanan yang satu ini.

Sumber: Wikipedia

Kimchi dinobatkan sebagai salah satu dari lima makanan tersehat di dunia menurut Majalah Health Magazine.

Tidak hanya itu, makanan yang satu ini bahkan sudah diakui oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuwan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO) sebagai warisan budaya tak benda. Wow!

Sumber: Momentumpedia

Kimchi kaya akan zat yang dapat menunjang kesehatan dan kebugaran tubuh.

Dilansir dari akun youtube OkayDoc, kimchi mengandung serat, asam amino, vitamin, mineral, karetenoid, dan polfenol.

Sumber: Maangchi

Kimchi merupakan makanan anti obesitas.

Hal ini disebabkan karena rendahnya lemak yang terkandung di dalamnya sehingga seringkali dianggap ‘makanan diet’. Apa kita konsumsi kimchi juga ya biar langsing? Hmmm canda deng J

Sumber: NYT Cooking

Kimjang, sebuah tradisi dimana semua penduduk Korea akan membuat kimchi dalam jumlah yang banyak pada musim dingin sekitar awal November hingga pertengahan Desember.

Tradisi ini merupakan ungkapan rasa syukur karena telah melalui satu tahun dengan selamat dan siap memulai kehidupan yang baru pada tahun baru nanti.

Sumber: Seoul Korea Tour

Selain lobak dan sawi putih, kimchi biasanya diolah menggunakan bahan dasar mentimun jepang, daun bawang, sawi hijau, bahkan ada yang dicampur dengan ikan juga dengan resep yang berbeda dan turun-temurun. Kalau kamu berkesempatan bertandang ke Negeri Ginseng ini, jangan lupa cicipi kimchi langsung dari asalnya, ya.