fbpx

Finlandia Resmi Jadi Negara Paling Bahagia Sedunia 2020

Pada 20 Maret 2020, United Nations World Happiness Report telah resmi dirilis. Secara singkat, laporan ini merupakan hasil survei mengenai sejauh mana penduduk suatu negara merasa bahagia. Tentu, tujuannya adalah meringkat negara paling bahagia sedunia. Selain dilihat dari angka harapan hidup dan tingkat pendapatan, kebebasan individu dalam hal politik, pendidikan, dan berkespresi juga dipertimbangkan.

Tentang peringkat negara paling bahagia sedunia

negara paling bahagia sedunia
Sumber: unsplash.com/Tapio Haaja

World Happiness Report disusun berdasarkan sejumlah kategori. Setidaknya, ada 6 kategori yang dinilai, yakni pendapatan nasional per kapita, dukungan sosial, angka harapan hidup, kebebasan membuat pilihan, kedermawanan, dan juga tingkat korupsi.

Setiap negara tentu memiliki cirinya masing-masing. Akan tetapi, tak dapat dipungkiri bahwa negara-negara di Kawasan Skandinavia memiliki keunggulan dibandingkan negara-negara lainnya.

Finlandia duduki posisi pertama

negara paling bahagia sedunia
Sumber: unsplash.com/Tapio Haaja

Bagi Finlandia, ini adalah tahun ketiga mereka menduduki posisi pertama. Negara yang satu ini pun berhasil mengungguli negara-negara lainnya yang berada di peringkat sepuluh besar.

Negara-negara di Kawasan Skandinavia selain Finlandia juga memiliki peringkat yang baik dalam perankingan ini. Beberapa di antaranya adalah Denmark, Norwegia, Swedia, dan juga Islandia. Hal inilah yang mendorong banyak sekali orang yang ingin tinggal atau sekadar belajar di negara-negara Skandinavia.

Alasan negara Skandinavia dapatkan status negara paling bahagia sedunia

negara paling bahagia sedunia
Sumber: unsplash.com/Saltiola Photography

Salah satu penjelasan mendasar mengenai tingginya tingkat kebahagian di negara-negara Skandinavia adalah kualitas dari intitusi-institusi yang ada di negara tersebut. Kemudian, tingkat korupsi yang rendah serta pelaksanaan demokrasi yang baik.

Selain itu, para penduduk di negara-negara Skandinavia menyadari akan otonomi dan kebebasan mereka. Hal inilah yang menjadi salah faktor penting yang menentukan tingkat kepuasan masyarakat. Meskipun populasi di negara ini cukup kecil dan homogen, serta tingkat bunuh diri cukup tinggi, kebahagiaan para penduduk Skandinavia masih unggul dibandingkan dengan negara lainnya.

Daftar kota-kota di negara paling bahagia sedunia

Berikut merupakan daftar kota berdasarkan sejauh mana positivitas para warganya.

  1. Helsinki, Finlandia
  2. Aarhus, Denmark
  3. Wellington, Selandia Baru
  4. Zurich, Swiss
  5. Kopenhagen, Denmark
  6. Bergen, Norwegia
  7. Oslo, Norwegia
  8. Tel Aviv, Israel
  9. Stockholm, Swedia
  10. Bribane, Australia

Dengan demikian, jelas bahwa yang dimaksud negara paling bahagia sedunia bukan sekadar tentang kesejahteraan secara ekonomi, tapi juga sosial. Hal tersebutlah yang mendorong negara-negara Skandinavia berhasil mempertahankan posisi mereka hingga sekarang.

Sign-up untuk info kehidupan di luar negeri lainnya!

* indicates required

Kamu bisa membaca kota-kota ramah pelajar yang ada di Eropa.

For Your Information

Apa itu World Happiness report?

Pada 20 Maret 2020, United Nations World Happiness Report telah resmi dirilis. Secara singkat, laporan ini merupakan hasil survei mengenai sejauh mana penduduk suatu negara merasa bahagia. Tentu, tujuannya adalah meranking negara paling bahagia sedunia.

Mengapa Finlandia menjadi negara paling bahagia sedunia?

Salah satunya karena kualitas institusi di negara tersebut yang tidak ada duanya. Baca lebih lanjut informasinya di artikel ini.

Selain Finlandia, negara mana saja yang menjadi negara-negara paling bahagia sedunia?

Baca artikel ini untuk tahu jawabannya.

Ingin mengetahui cerita lain di Helsinki?