fbpx

Fika, Budaya Ngopi dan Makan Kue Ala Orang Swedia

Familiar dengan tradisi makan siang yang panjang seperti di Spanyol dan Yunani? Maka, kamu juga harus mengenal Fika, budaya ngopi ala orang Swedia. Ternyata, budaya ini bukan sekadar kamu pergi ke restoran atau kafe lalu minum kopi, tapi ini merupakan sebuah bentuk sosialisasi orang Swedia.

Sekilas tentang Fika

Pada dasarnya, kata Fika berasal dari kata kopi dalam bahasa Swedia. Iya, sebetulnya, Fika berasal dari kata kaffi dan merupakan bahasa slang. Kemudian, banyak juga orang yang mengartikan Fika sebagai “istirahat minum kopi dan makan kue”. Pada dasarnya hal tersebut tidaklah salah. Akan tetapi, Fika rupanya memiliki makna yang lebih dalam.

Fika - Budaya ngopi Swedia
sumber: blogs.studyinsweden.se

Fika dapat dikatakan merupakan bagian terpenting dalam kebudayaan Swedia. Banyak orang Swedia yang menganggap sangatlah penting untuk menyedikan waktu untuk fika setiap harinya. Otomatis, hal ini berarti kamu menyempatkan waktu untuk minum kopi atau teh dengan ditemani kue atau cemilan lainnya bersama dengan teman atau keluarga.

Fika tidak akan sah menjadi fika apabila kamu sekadar minum kopi dan makan kue di kafe sendirian. Tak heran apabila fika bagi Orang Swedia sudah seperti ritual.

Mengapa penting?

Bagi orang Swedia, sangatlah penting bagi seseorang untuk berhenti seenak dari kegiatan yang sedang mereka lakukan untuk bersosialisasi. Hal ini dapat membuat otakmu lebh rileks dan tentunya menguatkan hubungan pertemananmu. Apabila kamu sedang bekerja, maka tim kerjamu akan menjadi lebih solid dengan melakukan fika. 

Pada dasarnya, apa yang kamu makan ketika fika tidaklah penting. Makanan yang kamu pilih, beserta kopi atau teh yang kamu pesan hanyalah pelengkap pertemuanmu dengan teman-temanmu. Akan tetapi, banyak orang Swedia yang lebih memilih membawa makanan dari rumah untuk melakukan fika. Ternyata banyak, lho, para bos perusahaan di Swedia yang rela membawa roti panggang dari rumah untuk dimakan ketika fika di kantor.

Kemudian, hal yang menarik lainnya dari orang Swedia adalah, mereka memiliki tingkat konsumsi kopi yang cukup tinggi. Tidak heran bukan karena mereka bisa melakukan fika lebih dari satu kali tiap harinya. Dengan demikian, jelas bahwa ritual fika ini memang sungguh dihormati di negara Skandianavia ini.

Fika - budaya ngopi swedia
Sumber: cafekaffekopen.se

Apabila kamu ingin merasakan tradisi ini secara langsung, cukup banyak tempat di kota-kota besar yang menyediakan menu tradisional fika, secangkir kopi dan kue manis seperti cinnamon bun. Kalau kamu sedang berada di Stockholm, kamu bisa berkunjung ke Vete-katten dan Kaffekopen. Ma Baker juga bisa menjadi pilihan untukmu.

Budaya fika ini memang masih berjalan sampai sekarang. Terkadang, kamu bisa menemukan sekelompok pekerja yang sedang membeli sejumlah makanan bersamaan pada waktu makan siang. Biasanya, mereka memang memiliki jadwal untuk melakukan fika bersama dengan rekan kerja mereka dalam satu departemen.

Yang paling penting dalam budaya ini adalah, bagaimana kita bisa tetap berhubungan baik dengan orang lain dengan sedikit meluangkan waktu untuk mengobrol dan bertukar pikiran. Suatu hal yang menarik, bukan?

Baca juga English Breakfast, Santapan Unik dengan Tradisi Ratusan Tahun

Ingin mengetahui cerita lain di Gothenburg?