fbpx

English Breakfast, Santapan Unik dengan Tradisi Ratusan Tahun

Ketika kamu berada di Inggris, tentu kamu akan familiar dengan menu sarapan Inggris yang beraneka rupa. Iya, biasanya, ketika kamu sedang mengunjungi kafe atau restoran, akan ada menu lengkap sarapan yang ditawarkan. Di dalamnya, akan ada berbagai macam jenis makanan, mulai dari jamur goreng, roti bakar, sosis, telur orak-arik, atau bacon. Nah, inilah beberapa jenis makanan dalam English Breakfast yang harus kamu coba.

Telur

anakrantau-menu-sarapan-inggris.jpg
English Muffin dan telur ceplok air. Sumber: eggs.ca

Telur menjadi salah satu jenis makanan utama dalam English Breakfast, Biasanya, telur ini digoreng, dijadikan orak-arik (scrambled egg), atau menjadi telur ceplok air (poached egg). Tentu kamu bisa memilih jenis telur apa yang ingin kamu makan sesuai selera.

Bahkan, ada juga egg benedict yang terbuat dari dua English muffin yang diberi telur ceplok air di tengahnya. Bikin laper enggak sih, guys?

Daging 

English Breakfast memiliki kandungan protein tinggi karena menjadikan daging sebagai salah satu makanan utamanya. Daging yang digunakan biasanya adalah ham atau bacon. Tentu akan membuat kamu menjadi semakin berselera untuk makan.

Kentang

anakrantau-menu-sarapan-inggris-2.jpg
Hash Brown. Sumber: pizzakinghadfield.co.uk

Sebagai sumber karbohidrat, menu yang satu ini menggunakan kentang sebagai salah satu jenis makanannya. Kentang ini dapat disajikan dengan berbagai cara, mulai dari dijadikan keripik, roti, wafel, maupun menjadi hash browns. Akan tetapi, yang paling menjadi favorit adalah menjadikan kentang sebagai kentang tumbuk alias mashed potatoes.

Roti

Selain kentang, di dalam English Breakfast kamu juga akan menemukan roti yang biasanya dipanggang. Berbagai varian pun disajikan untuk melengkapi menu sarapanmu. Roti dengan selai bisa menjadi pilihan yang tepat bagimu.

anakrantau-menu-sarapan-inggris-4.jpg
Sumber: twoandahalfbackpacks.wordpress.com

Pada dasarnya, English Breakfast ini memiliki varian berbeda-beda di berbagai tempat. Sebagai contoh, di Irlandia sajian utama dalam menu sarapannya adalah bacon, sosis, telur orak-orik, white pudding, black pudding, dan juga tomat goreng. Akan tetapi, terkadang menu ini disajikan menjadi breakfast roll. Iya, jadi seluruh sajian tadi digulung layaknya burrito. Hal ini memudahkan orang-orang yang ingin sarapan di jalan ketika berangkat sekolah atau bekerja.

Nah, ternyata, tradisi menu sarapan Inggris ini tidak hanya bisa kamu temukan di Inggris saja, lho! Tradisi ini juga telah sampai di Amerika Serikat dan juga Kanada. Sajian utama dari menu sarapan di wilayah ini adalah telur, berbagai macam daging, satu jenis olahan kentang, dan juga roti. Akan tetapi, biasanya jenis sarapan ini hanya dihidangkan pada saat-saat khusus saja. Bukan menjadi suatu rutinitas.

anakrantau-menu-sarapan-inggris-5.jpg
The Breakfast Club. Sumber: truthloveandcleancutlery.com

Apabila kamu sedang berada di London dan ingin mencicipi sajian lengkap dari menu yang satu ini, maka kamu bisa lho mengunjungi The Breakfast Club. The Breakfast Club merupakan salah satu kafe paling populer di London. Dengan mengangkat tema 80-an, kamu bisa menikmati menu lengkap dari Full English Breakfast. Porsinya pun dapat kamu sesuaikan dengan selera. Untuk kamu yang vegetarian, juga ada pilihan untukmu.

Wah, tentunya mencicipi penganan khas dari suatu daerah bisa menjadi pengalaman yang menarik buatmu, bukan? Jadi, mari coba menu sarapan kece satu ini.

Ingin mengetahui cerita lain di London?