fbpx

Cara Memberi Kesan yang Baik Saat Menjalani Internship

Halo, Kawan Rantau! Apakah kamu berhasil diterima di program internship yang kamu inginkan? Tentu sukses dalam menjalani internship merupakan harapan terbesar kamu. Maka dari itu, berikut akan kami ulas cara memberi kesan yang baik saat menjalani internship untukmu.

Mari simak pembahasan kami berikut ini!

Anggap sebagai pekerjaan yang sebenarnya

Sumber: pexels.com

Menjalani program internship berarti belajar untuk menjadi pekerja yang sebenarnya. Jadi, kamu akan menemukan banyak sekali hal baru yang tentunya tidak kamu temui di bangku kuliah.

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk memberi kesan yang baik saat menjalani internship adalah dengan menganggapnya sebagai pekerjaan yang sebenarnya. Dengan demikian, kamu harus menghormati jam masuk dan pulan kantor yang berlaku.

Kemudian, sebaiknya kamu juga berpakaian secara profesional. Apabila kamu tidak yakin dengan dresscode yang ada, sebaiknya kamu menanyakan hal ini sedari awal.

Selalu ingin tahu

Sumber: pexels.com/mentatdgt

Kamu mungkin merasa nervous untuk selalu bertanya. Akan tetapi, tujuan kamu melakukan internship adalah untuk belajar. Jadi, wajar saja bagimu untuk bertanya pada supervisor-mu.

Kalau kamu merasa tak paham dengan tugas yang harus kamu lakukan, maka kamu bisa bertanya lebih lanjut. Jangan takut utuk bertanya. Tanpa bertanya, bisa jadi kamu malah melakukan kesalahan yang tidak perlu.

Selain bertanya mengenai pekerjaan, kamu juga bisa menjadikan supervisor-mu sebagai mentor, khususnya dalam bidang karir. Hal ini memungkinkan apabila kamu memang memiliki hubungan yang baik dengan supervisor-mu itu.

Menjalin pertemanan

Sumber: pexels.com/Helena Lopes

Menjalani program internship bukan sekadar tentang bekerja. Tapi juga sebagai ajang bagimu untuk menjalin jejaring dan juga pertemanan. Terkadang, seseorang ditawari pekerjaan tetap setelah program karena pegawai lainnya merasa nyaman bekerja dengan orang tersebut selama masa internship. Dengan demikian, sangat penting untuk menjalin pertemanan.

Sekadar mengobrol saat jam makan siang atau jam pulang kantor, bisa menjadi sejumlah hal yang bisa kamu lakukan.

Satu hal lagi yang penting adalah, cobalah untuk menjadi diri sendiri saat berada di kantor. Jangan merasa terlalu tertekan dan tetap kerjakan tugas dengan baik.

Demikianlah sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk memberi kesan yang baik saat menjalani program internship. Selalu semangat ya, Kawan Rantau. Untuk kamu yang lulus di tengah pandemi ini, jangan pernah menyerah dan teruslah berusaha, ya.

For Your Information

Apa yang bisa saya lakukan ketika menjalani masa internship?

Satu hal yang penting adalah menganggap apa yang kamu kerjakan sebagai pekerjaan yang sebenarnya.

Bagaimana cara memberi kesan yang baik saat menjalani internship?

Bacalah artikel ini untuk tahu pembahasan lengkapnya.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?