fbpx

Mengulas Perayaan Cap Go Meh dari Berbagai Universitas di Dunia

Ketika merayakan Imlek, maka kita juga tak bisa melepaskan Cap Go Meh begitu saja. Cap Go Meh sendiri melambangkan hari ke-15 dan hari terakhir masa perayaan tahun baru Imlek.

Di Indonesia sendiri, perayaan Cap Go Meh yang paling terkenal adalah perayaan Cap Go Meh di Singkawang, Kalimantan Barat. Akan banyak sekali parade yang ditampilkan pada saat perayaan tersebut dilaksanakan. Yang pasti, perayaan ini menjadi salah satu atraksi paling menarik bagi para wisatawan.

Lalu, adakah perayaan Cap Go Meh yang diadakan di universitas-universitas di dunia? Mari simak sejumlah perayaan Cap Go Meh atau yang biasa disebut sebagai Chinese Lantern Festival diadakan oleh beberapa universitas dunia.

University at Albany – Amerika Serikat

Sumber: albany.edu

Tiap tahun, University at Albany menyelenggarakan Chinese Lantern Festival Fair. Festival ini akan diadakan di Campus Center Ballroom dari University at Albany pada 16 Februari mendatang.

Akan ada banyak sekali kegiatan yang berhubungan dengan perayaan tahun baru imlek, termasuk pertunjukan tari naga, pembuatan lentera, dan berbagai permainan tradisional.

Bagi yang ingin mencicipi masakan tradisional Tionghoa, para pengunjung festival ini juga bisa menikmatinya.

University of Rhode Island – Amerika Serikat

Sumber: cnbc.com

Tiap tahunnya, perayaan tahun baru telah menjadi kegiatan dari URI Chinese Culture Club. Untuk tahun ini, perayaan ini akan diadakan di Laurel Lane Country Club pada Sabtu, 8 Februari 2020.

Laurel Lane menjadi tempat yang tepat untuk berkumpul dan menikmati makanan enak bersama dengan teman dan keluarga. Untuk menghadiri acara ini, kamu diharuskan membayar $25 untuk tiket masuk.

Durham University – Inggris

Sumber: dur.ac.uk

Perayaan tahun baru Imlek, termasuk Cap Go Meh di Durham University berpusat di Oriental Museum. Festival tahun baru diadakan tiap tahunnya dan menyajikan berbagai pameran yang berhubungan dengan tradisi Tionghoa.

Pada tanggal 8 Februari, museum akan dihiasi oleh berbagai lampion yang cantik. Kemudian, kamu juga bisa mencicipi makanan dan minuman khas tahun baru dan mendengar berbagai kisah dan dongeng.

Loughborough University – Inggris

Sumber: twitter.com

Perayaan akhir tahun baru Imlek di Loughborough University diadakan pada 2 Februari 2020. Uniknya, perayaan ini dikhususkan untuk anak-anak. Di sini, anak-anak akan diajak melakukan berbagai aktivitas, mulai dari pembuatan lampion kertas, permainan, dan tradisi Tionghoa lainnya.

Acara ini diselenggarakan oleh Loughborough Students’ Union Action Volunteer.

Memang, perayaan tahun baru Imlek ini cukup berbeda dengan perayaan tahun baru lainnya. Perayaan tersebut dapat berjalan selama 15 hari penuh. Akhir perayaan itulah yang dinamakan menjadi Cap Go Meh. Jadi, tak heran apabila ada banyak sekali rangkaian perayaan tahun baru imlek.

Jangan lupa baca juga berbagai perayaan imlek di berbagai universitas di dunia.

For Your Information

Apa itu perayaan Cap Go Meh?

Ketika merayakan Imlek, maka kita juga tak bisa melepaskan Cap Go Meh begitu saja. Cap
Go Meh sendiri melambangkan hari ke-15 dan hari terakhir masa perayaan tahun baru Imlek.

Mengapa perayaan Cap Go Meh di Singkawang begitu terkenal?

Di Indonesia sendiri, perayaan Cap Go Meh yang paling terkenal adalah perayaan Cap Go Meh di Singkawang, Kalimantan Barat. Akan banyak sekali parade yang ditampilkan pada saat perayaan tersebut dilaksanakan. Yang pasti, perayaan ini menjadi salah satu atraksi paling menarik bagi para wisatawan.

Universitas mana saja yang mengadakan perayaan Cap Go Meh?

Sejumlah universitas di dunia mengadakan perayaan tahun baru imlek hingga akhir, atau sama dengan perayaan Cap Go Meh. Temukan jawabannya di artikel yang satu ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?