fbpx

Belajar dari Para Ilmuwan Melalui 3 Film Biografi Berikut Ini

Sosok ilmuwan memang merupakan manusia biasa. Akan tetapi, mereka memiliki cara berpikir yang berbeda, kalau tidak dikatakan sebagai luar biasa. Mereka mampu merefleksikan pemikiran mereka menjadi penemuan baru. Berikut merupakan daftar 3 film biografi mengenai para ilmuwan hebat di dunia.

The Imitation Game (2014) – Alan Turing

Sumber: scoonews.com

Alan Turing merupakan seorang matematikawan, ilmuwan komputer, ahli logika, cryptanalyst, filsuf, dan juga biologiwan teoretis. Turing dikenal sebagai peneliti komputer modern digital pertama. Salah satu penemuannya yang paling terkenal adalah mesin Turing yang notabene merupakan cikal-bakal dari komputer modern. 

Sebelumnya, Turing menempuh studi di University of Cambridge dan Princeton University.

Pada tahun 2014, kisah Alan Turing diangkat ke layar lebar dengan judul The Imitation Games. FIlm tersebut dibintangi oleh Benedict Cumberbatch dan disutradarai oleh Morten Tyldum. Jalan cerita dari The Imitation Games didasarkan dari buku Alan Turing: The Enigma yang ditulis oleh Andrew Hodges pada tahun 1983.

Mengambil setting Perang Dunia II, Turing bersama dengan sejumlah matematikawan berupaya untuk memecahkan kode rahasia Jerman bernama Enigma. 

The Theory of Everything (2014) – Stephen Hawking

Sumber: tpcfilmreviews.wordpress.com

Ketika membicarakan fisika modern, maka kita tidak bisa melewatkan pemikiran dari Stephen Hawking. Stephen Hawking merupakan seorang fisikawan teoretis, kosmologi, pengarang, dan juga Direktur Penelitian Centre for Theoretical Cosmology di University of Cambridge.

Sejumlah karya ilmiahnya yang terkenal adalah mengenai teorema singularitas gravitasi dalam kerangka relativitas umum (bersama dengan Roger Penrose). Selain itu, Hawking juga dikenal dengan prediksi teori bahwa lubang hitam mengeluarkan radiasi. Prediksi tersebut lebih banyak dikenal sebagai radiasi Hawking.

Kemudian, pada tahun 2014, kisah Stephen Hawking tersebut diangkat ke layar lebar dengan judul The Theory of Everything. Kisah yang menyentuh ini dibintangi oleh Eddie Redmayne dan Felicity Jones. Film biografi satu ini berputar pada kehidupan Hawking sebagai seorang peneliti dan juga kisah romansanya bersama mantan istrinya, Jane Hawking.

The Man Who Knew Infinity (2015) – Srinivasa Ramanujan

Sumber: usa.newonnetflix.info

The Man Who Knew Infinity merupakan film drama biografi mengenai seorang matematikawan India bernama Srinivasa Ramanujan. Sebagai seorang matematikawan, Ramanujan awalnya hidup miskin di Madras, India. Akan tetapi, usahanya yang sedemikian rupa berhasil mengantarkan dirinya untuk masuk ke University of Cambridge dan menjalani perkuliahan pada saat Perang Dunia 1.

Srinivasa Ramanujan dikenal sebagai seorang pioner di bidang teori matematika. Ia memiliki kontribusi terhadap analisis matematika, teori angka, dan lainnya.

Film The Man Who Knew Infinity dirilis pada tahun 2015 dan dibintangi oleh Dev Patel, Jeremy Irons, dan Malcolm Sinclair.

Demikianlah pembahasan mengenai daftar film biografi mengenai ilmuwan terkenal di dunia, Kawan Rantau. Kalau menurut kamu, film apa lagi yang bisa masuk ke dalam daftar ini?

Baca juga rekomendasi film tentang pendidikan yang wajib kamu tonton.

For Your Information

Apakah ada film biografi mengenai ilmuwan dunia?

Ada, Kawan Rantau. Beberapa di antaranya dapat kamu temukan di artikel ini.

Apakah film tersebut berdasarkan kisah nyata?

Sejauh ini, film biografi tersebut memang didasarkan dari kisah nyata dengan adanya sejumlah penyesuaian.

Ingin mengetahui cerita lain di Cambridge?