fbpx

Bagaimana COVID-19 Memengaruhi Dunia Kerja?

Pandemi COVID-19 secara cepat telah memengaruhi berbagai bidang, termasuk dunia kerja. Banyak hal yang berubah selama pandemi terjadi. Mulai dari konsep social distancing, larangan bepergian, dan lainnya. Berikut sejumlah hal yang berubah di dunia kerja akibat COVID-19.

Sejumlah industri melesu

Dengan adanya pandemi COVID-19, tak heran apabila sejumlah industri pun melesu. Hal ini disebkan oleh pemberlakuan kebijakan pembatasan sosial hingga larangan penerbangan.

Beberapa industri yang terpaksa merumahkan pekerjanya adalah industri hiburan, transportasi, dan juga turisme. Industri transportasi dan turisme menjadi industri yang sangat terdampak karena kebijakan yang diterapkan.

Proses aplikasi pekerjaan dilakukan secara daring

Sumber: jobstreet.co.id

Bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan, maka kemungkinan besar seluruh proses aplikasi pekerjaan akan kamu jalani secara daring. Jadi, jangan heran apabila kamu mendapatkan undangan untuk melakukan wawancara secara daring, baik melalui Skype atau telepon.

Dengan demikian, kamu harus mempersiapkan diri sebaik mungkin dalam mengikuti wawancara daring. Yang pasti, jangan pernah menyepelekan jenis wawancara ini karena kamu tidak akan pernah tahu apa yang dinilai oleh perusahaan selama kamu melakukan wawancara.

Pilihan untuk bekerja dari rumah

Sumber: thejakartapost.com

Dalam masa pandemi ini, banyak perusahaan yang memberlakukan sistem kerja dari rumah. Hal ini tentu merupakan upaya perusahaan mematuhi kebijakan yang ada. Dengan bekerja di rumah, kamu harus bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Bagaimanapun, kamu harus bisa menjadi lebih produktif meski tak berada di kantor.

Akan tetapi, bagi kamu yang tidak bisa bekerja dari rumah, berikut sejumlah hal yang harus kamu lakukan. Pertama, jangan lupa untuk selalu mencuci tangan dan sabut minimal selama 20 detik. Kedua, apabila sabun dan air tidak tersedia, kamu bisa menggunakan hand sanitizer. Ketiga, jangan lupa untuk selalu memakai masker saat berada di luar rumah.

Pada akhirnya, COVID-19 memang memengaruhi dunia kerja secara keseluruhan. Banyak pekerja yang tidak bisa mendapatkan gaji secara penuh karena adanya penyesuaian dari pihak perusahaan. Ada pula yang betul-betul dirumahkan.

Jadi, bagi kamu yang masih punya pekerjaan dan bisa bekerja dari rumah, tetaplah smeangat dan patuhi aturan yang ada. Tetap jaga kesehatan ya, Kawan Rantau!

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?