fbpx

Apakah Memungkinkan untuk Mengubah Pilihan Karir di Tengah Jalan?

Apakah kamu pernah merasa bosan atau frustrasi dengan pekerjaan kamu akhir-akhir ini? Atau, kamu merasa bahwa pekerjaanmu stagnan dan tidak berkembang kemana-mana? Mungkin, salah satu pertanyaan yang muncul padamu adalah apakah memungkinkan untuk mengubah pilihan karir di tengah jalan?

Well, tentu bukanlah suatu hal yang kecil untuk mengubah pilihan karir. Akan tetapi, hal tersebut memungkinkan apabila kamu mengikuti tips-tips berikut ini.

Cara terbaik mengubah pilihan karir

Sumber: nypost.com

Apabila kamu memang pekerja yang ingin berpindah pekerjaan, apapun alasannya, maka inilah yang harus kamu tahu. Menjalani karir baru, bahkan di industri yang berbeda, bukan berarti kamu harus memulai dari bawah.

Ketika kamu ingin pindah ke bidang yang sama sekali berbeda dengan pekerjaan kamu sekarang, pengalaman yang kamu miliki tetap bisa membantu kamu.

Hal pertama yang dapat kamu lakukan untuk mempertimbangkan pindah pekerjaan adalah dengan mulai mengevaluasi apa yang akan kamu lakukan. Lalu, analisis juga jenis pekerjaan seperti apa yang bisa membuat kamu bahagia. Kemudian, jangan lupa untuk mencari tahu apakah perlu kamu berganti pekerjaan?

Apabila kamu ingin berpindah ke industri yang berbeda dari pekerjaan kamu yang sekarang, ada baiknya bagi kamu untuk menilai apakah industri tersebut nantinya menguntungkan kamu. Pastikan bahwa industri tersebut dapat menjamin perjalanan karirmu ke depannya.

Ketahui kemampuan yang dimiliki

Sumber: shutterstock.com

Ketika kamu sudah tahu jenis pekerjaan baru seperti apa yang ingin kamu jalani, maka inilah saatnya bagi kamu untuk mengetahui kemampuan yang kamu miliki. Kamu perlu untuk mengetahui apa saja kemampuan yang sekarang telah kamu miliki, dan kemampuan seperti apa yang perlu kamu miliki.

Untuk kemampuan yang telah kamu miliki, daftar semua kemampuanmu. Kemudian, analisis seberapa berguna kemampuan kamu tersebut untuk digunakan di pekerjaan yang baru. Sebagai contoh, ketika kamu bekerja sebagai public relation di perusahaan tertentu, maka kamu akan mendapat kemudahan menjalani peran sebagai communication officer di suatu NGO. 

Kamu harus memahami bahwa kemampuan yang kamu miliki sekarang bisa jadi nilai tambah bagimu ketika melamar pekerjaan baru.

Lalu, untuk kemampuan yang harus kamu miliki, maka kamu bisa berusaha mengembangkan kemampuan tersebut dengan menjalani kursus atau mengasah kemampuan diri dan membuat portofolio. Cari tahu persyaratan pekerjaan yang kamu inginkan dan buatlah to-do list mengenai apa saja yang harus kamu lakukan.

Dengan perencanaan yang baik, maka kamu bisa melakukan perpindahan karir dengan tepat. Tentunya, mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minat merupakan hal yang diimpikan semua orang, bukan?

Baca juga tips networking selama bekerja di rumah yang bisa kamu lakukan.

For Your Information

Apakah memungkinkan untuk mengubah pilihan karir?

Tentu tidak ada yang tidak mungkin. Meskipun demikian, kamu harus menyadari keuntungan dan risiko seperti apa yang dapat kamu terima ketika memutuskan untuk mengubah pilihan karir.

Bagaimana cara mengubah pilihan karir yang tepat?

Temukan jawabannya di artikel berikut ini, Kawan Rantau.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?