Travel ke Afrika, Ditemani Anjing Liar di Delta Okovango

Untuk kamu yang hobi travelling menikmati tempat-tempat cantik di berbagai belahan dunia, tidak boleh melewatkan tempat yang satu ini. Uniknya, di tempat ini kamu akan disajikan keeksotisan alam liar lengkap dengan beragam spesies tanaman dan hewan-hewan yang hidup di dalamnya. Kamu sudah siap berkeliling ditemani singa dan anjing liar Afrika?

Sumber: andBeyond

Delta Okavango atau Padang Rumput Okavango yang terletak di kawasan Botswana merupakan ekosistem luas yang berasal dari Sungai Okavango dan mengalir ke Gurun Kalahari yang kering. Sebagai oase di tengah kegersangan, Delta Okavango adalah rumah bagi beberapa spesies mamalia yang terancam punah di dunia. Maka tak heran, di tengah perjalanan menelusuri tempat ini kamu akan ‘bertegur sapa’ dengan cheetah, badak putih, badak hitam, singa, dan anjing liar Afrika.

Lalu timbul pertanyaan, kamu yakin mau jalan-jalan di tengah-tengah binatang buas ini? Bagaimana caranya?

1. Delta Okovango adalah salah satu dari Tujuh Keajaiban Alam Afrika yang dideklarasikan pada tanggal 11 Februari 2013 dan menjadi situs ke-1000 yang terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Wow!

Sumber: Lonely Planet

Disadur dari https://whc.unesco.org, habitat Delta Okovango adalah spesies yang terdiri dari 1061 tanaman, 89 ikan, 64 reptil, 482 spesies burung, dan 130 spesies mamalia. Ada yang istimewa dari Delta Okovango. Air yang mengalir ke Gurun Kalahari yang kering kerontang menampilkan keindahan ekosistem yang terbentang dengan berbagai habitat dengan fenomena alam menakjubkan. Delta yang gersang bertransformasi dengan satwa liar yang menyususri, bermain, dan meminum air yang jernih setelah selamat dari musim gugur.

2. Kebijakan pemerintah memastikan bahwa pengalaman safari ke Delta Okovango bersifat eksklusif dengan menggunakan akomodasi berupa pesawat terbang atau helikopter.

Sumber: itravelto.com

Akomodasi perjaanan ke Delta Okovango harus dipesan jauh hari sebelum kamu memulia perjalanan. Hal ini dikarenakan kamp di sini tidak bersifat permanen guna menjaga stabilitas lingkungannya. Kamu bisa memilih tempat penginapan dengan bergaya tradisional Afrika atau berkemah secara mandiri di Moremi Game Reserve.

3. Ada banyak pilihan safari di Delta Okovango dengan ditemani tour guide lokal.

Sumber: Botswana Safari

Wisata Delta okovango tidak hanya menelususri air saja. Kamu bisa menyaksikan berbagai habitat hewan yang hidup di daratan menggunakan mobil atau kamp terbuka. Dengan menunggangi kendaraan terbuka oleh tour guide kamu bisa menyaksikan kehidupan di padang rumput luas dengan jarak aman.

Pilihan kedua, kamu bisa berwisata fokus pada perairan delta. Kamu akan menjelajahi ekosistem perairan yang unik menggunakan perahu motor atau mokoro.

Sumber: Botswana Safari

Terakhir, adalah berwisata di tanah (daratan) dan di air. Kamu bisa menyantap beragam hidangan di tengah-tengah padang rumput dengan genangan air di atas mata kaki. Dari kejauhan kamu bisa menikmati pemandangan segeromboan rusa yang tengah bermain.

Safari ke Delta Okovango benar-benar seperti kemustahilan yang terjadi. Menelusuri padang rumput dengan perairan di tengahnya dengan penampakan hewan-hewan liar dan langka di sekitar. Eksotis.