fbpx

Mengenal Tradisi Perayaan Idul Fitri di Berbagai Negara di Dunia

Bulan Ramadan akan segera berakhir dan para umat Muslim di dunia bersiap menyambut datangnya hari raya Idul Fitri. Pada saat hari raya, setelah melaksanakan Salat Idul Fitri, banyak orang yang memanfaatkan waktu untuk bersilaturahmi ke keluarga masing-masing. Sembari menikmati makanan-makanan khas hari raya. Akan tetapi, tentu saja tradisi perayaan Idul Fitri di berbagai negara di dunia akan berbeda.

Maka dari itu, berikut ini merupakan sejumlah tradisi perayaan Idul Fitri di berbagai negara di dunia.

India dan Pakistan

perayaan idul fitri - india
Sumber: freepik.com

Sebagai salah satu persiapan perataan Idul Fitri, para perempuan di India atau Pakistan menggunakan mehndi (henna) untuk menghias tangan mereka. Biasanya, mereka menggunakan mehndi sehari sebelum har raya.

Pada saat hari raya Idul Fitri, kamu bisa melihat banyak rumah yang didekorasi sedemikian rupa dengan lampu-lampu yang cantik. Untuk makanan sendiri, kamu bisa menemukan berbagai macam biryani dengan bumbunya yang khas. Selain itu, kamu juga tidak bisa melewatkan sheer khurma sebagai salah satu makanan pencuci mulut spesial khas Idul Fitri.

Turki

Sumber: dailysabah.com

Di Turki, perayaan Idul Fitri akan ditandai dengan mengenakan baju baru yang disebut sebagai bayramlik. Kemudian, setiap orang akan saling mendoakan dengan mengucapkan Batraminiz Mubarek Olsun yang berarti “semoga dirimu pada hari raya Idul Fitri diberkahi”.

Sama seperti di Indonesia, orang-orang Turki juga saling mengunjungi keluarga dan kawan untuk merayakan Idul Fitri. Pertunjukan Karagoz ve Hacivat atau wayang boneka sering kali diadakan untuk menghibur anak-anak.

China

perayaan idul fitri - China
Sumber: sixthone.com

Bagi para warga Muslim di China, salah satu tradisi yang dilakukan pada saat Idul Fitri adalah melakukan ziarah makam. Setelah membacakan doa, terkadang mereka meninggal beras atau gandum di nisan makam tersebut.

Meskipun terkadang orang-orang melakukan ziarah secara damai, terkadang para warga muslim ini hadir ke makam menggunakan pakaian yang semarak sembari membawa banner.

Kenya

Sumber: afrotourism.com

Sepertiga penduduk Kenya beragama Islam. Kebanyakan, mereka tinggal di kota pesisir.

Nah, di Mombasa, para penduduk Muslim di Kenya menandai sepuluh hari terakhir bulan Ramadan dengan mengadakan festival di jalanan. Pada saat festival berlangsung, maka kamu bisa bersosialiasi dengan keluarga maupun teman.

Indonesia

perayaan idul fitri - Indonesia
Sumber: liputan6.com

Sebagai negara yang mayoritas warganya beragama Islam, tentu Idul Fitri menjadi salah satu hari libur terpenting. Sama seperti di negara lainnya, perayaan Idul Fitri dimulai dengan salat bersama dan berkumpul dengan keluarga.

Salah satu ciri yang signifikan dalam perayaan di Indonesia adalah adanya tradisi mudik. Kemudian, ada juga acara halal bihalal yang dimanfaatkan untuk saling memaaafkan antar teman, tetangan, maupun kenalan.

Akan tetapi, sepertinya pada tahun 2020 perayaan Idul Fitri tidak akan berjalan seperti tahun-tahun sebelumnya. Adanya pandemi COVID-19 membuat sejumlah tradisi tidak dapat dilaksanakan. Bahkan, untuk salat Idul Fitri bersama pun tidak dapat dilakukan sebagai upaya mematuhi aturan penjarakan sosial.

Meskipun demikian, mari kita terus mensyukuri apa yang ada dan merayakan Idul Fitri semampu kita. Selamat hari raya Idul Fitri, Kawan Rantau. Semoga Allah selalu bersama kita.

Baca juga bagaimana COVID-19 mengubah tradisi Ramadan di berbagai negara di dunia.

For Your Information

Apa persamaan tradisi perayaan Idul Fitri di berbagai negara di dunia?

Tentu saja pelaksanaan Salat Idul Fitri bersama dan berkumpul dengan keluarga menjadi unsur penting.

Bagaimana Idul Fitri dirayakan di negara-negara di dunia?

Baca artikel ini untuk tahu jawabannya.

Ingin mengetahui cerita lain di Ankara?