fbpx

7 Mahasiswa Indonesia Hidup Bersama Untuk Hemat Biaya Rumah

Buat yang sedang kuliah di luar negeri atau yang sedang berencana merantau ke luar negeri, salah satu biaya yang harus dipikirkan dengan baik adalah harga sewa tempat tinggal.

Di Amerika Serikat, sewa apartemen rata-rata minimum $1000. Harga minimum itu bisa semakin naik menjadi sekitar $2000-$6000 per bulan untuk kamar standar 2 bedroom, bila di daerah kota ramai seperti Los Angeles, Boston, New York dan San Francisco.

Sebagai mahasiswa, pasti kamu mempunyai anggaran terbatas untuk sewa apartemen. Maka untuk menurunkan harga sewanya, kamu harus pandai mencari tempat tinggal yang tepat dan mengajak beberapa temanmu untuk tinggal bersama. Dengan membagi harga sewa, pastinya biaya apartemen per bulan bisa menjadi lebih murah. Semakin ramai, semakin murah!

Contoh ekstremnya adalah Gabriel Baky, seorang mahasiswa di Santa Ana, kota dekat San Francisco di Silicon Valley. Baky tinggal bersama 7 teman-temannya dalam satu rumah besar.

Dengan total 4 kamar tidur, 2 kamar mandi dan 1 halaman belakang luas, ini merupakan penemuan yang sangat jarang dan enak sekali di AS. Biaya $3800 per bulan itu dibagi bertujuh, dan Gabriel Baky hanya membayar ongkos sewa $425 per bulan.

Cari tau lengkapnya dalam video berikut!