7 Aktifitas Menarik yang Gratis di London

London merupakan salah satu kota dengan biaya hidup termahal di dunia. Tetapi bila kamu jelih, terdapat berbagai hal yang bisa kamu lakukan secara gratis di kota ini. Melansir Culture Trip, berikut adalah 7 aktifitas seru dan gratis yang bisa kamu cari di London:

1. Pertunjukan Live-shows

Di London terdapat banyak live performance. Kamu bisa ke Scoop Theatre di Southwark yang merupakan sebuah ampitheatre modern. Mereka nge-host berbagai acara gratis dari screening film, olah-raga, live musik, teater, dan acara komunitas lainnya.

2. Taman Safari

Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tiket kebun binatang London karena di Richmond Park, terdapat populasi rusa. Cagar alam ini adalah rumah bagi 630 spesies rusa bera dan merah sejak 1529. Selain itu, di London juga terdapat dua cagar alam lainnya: Camley Street Natural Park dan Greenwich Peninsula Ecology Park.

3. Kunjungi Museum Kelas Dunia

Seperti negara Eropa lainnya, di London banyak sekali museum-museum berkelas dunia seperti Science Museum, Natural History Museum, Imperial War Museum, British Museum dan National Maritime Museum. Apabila kamu suka sains, seni, sejarah atau alam, kamu bisa menemukan museum yang cocok di London. Hebatnya semua itu gratis!

4. Galeri Seni

Buat kamu yang suka seni, National Gallery adalah rumah bagi 2.300 lukisan sejak pertengahan abad ke-13 sampai tahun 1900-an. Untuk hari tertentu, Tate Britain dan Tate modern juga menawarkan tiket gratis. Selain itu ada galeri yang lebih kecil seperti Serpentine Gallery, Whitechapel Gallery, Wallace Gallery dan Gallery London Selatan yang semuanya gratis.

5. Jalan-jalan kota

Walaupun kedengarannya sederhana, salah satu cara terbaik menikmati London adalah dengan jalan-jalan mengitari kotanya. Jubilee Walkway merupakan jalur yang ideal karena kamu bisa melihat semua situs London yang terkenal seperti Parliament Square, Buckingham Palace, British Library, Shakespeare’s Globe, dan Royal Opera House. Selain itu ada juga Thames Path yang terletak di sebelah sungai Thames sepanjang 296 kilometer.

6. Kunjungi Kuburan

Ini memang kedengarannya aneh, tetapi terdapat banyak patung-patung dan makam dengan berbagai ukiran yang indah. Ada juga memorial dan kuburan nama-nama literatur dan politisi terkenal dari jaman dulu seperti Karl Marx, Hamlet, Enid Blyton dan Marc Bolan. Magnificent Seven merupakan beberapa kuburan privat terkenal yang dibangun ketika jaman Victoria.

7. Hadiri ceramah lektor

Banyak organisasi edukasi di London yang mengadakan acara lektur gratis. The British Academy telah mengadakan ceramah gratis selama 100 tahun mengenai ilmu pengetahuan sosial dan sastra. Gresham College mengadakan hal yang sama dengan ceramah-ceramah menarik selama 400 tahun. Institusi lain termasuk National Gallery, Royal Society of Arts dan LSE yang kadang menawarkan makan siang gratis juga.