fbpx

5 Sarapan Sehat dan Praktis di Jepang, Bikin Ngiler Menunya!

Berkunjung ke “Negara Sakura” rasanya kurang lengkap jika tidak mencoba mencicipi sarapat praktis ala masyarakatnya. Setiap pagi biasanya kamu mengkonsumsi apa? Bubur ayam, nasi kuning, nasi uduk, oatmeal, atau justru sarapan berat ala RM Padang? Wow! Hahaha.

Sumber:iamafoodblog

Setiap negara tentu memiliki keunikan dan ciri khasnya masing-masing termasuk soal selera makanan. Lazimnya kita mencoba berbagai jenis makanan dan jajanan di Jepang, mari kali ini kita mencoba mencicipi sarapannya. Kira-kira menunya apa saja ya?

5. Tamago Kake Gohan,

adalah sarapan paling umum yang biasa dikonsumsi masyarakat Jepang. Berupa nasi putih yang disiram dengan telur mentah. Iya mentah! Kamu bisa bayangkan? Naai putih dan telur mentah itu kemudian diaduk dan ditambah beberapa tetes shoyu-kecap khas Jepang-. Untuk menghindari telur mentah yang tercemar bakteri salmonella, menggunakan telur yang masih baru dan segar, tidak berbau amis, serta kandungan omega yang tinggi.

Sumber: sportourism.id

4. Natto,

atau yang biasa disebut fermentasi kacang kedelai juga dijadikan sebagai salah satu menu sarapan dengan dicampurkan dengan nasi hangat. Dilansir dari artikel Pergikuliner, natto memiliki tekstur lengket, aroma yang kuat, dan rasa yang unik, biasanya terkesan aneh bagi kamu yang tidak biasa mencicipinya.

Sumber: Shape Magazine

3. Sup Miso

Jika kamu memesan sarapan dengan menu lengkap maka hidangan berkuahnya adalah sup miso yang terbuat dari pasta miso dengan dasho-kaldu ikan- yang dicampur dengan potongan tofu dan rumput laut.

Sumber: kawaiibeautyjapan

2. Nori

Rumput laut yang satu ini pasti sering kamu temukan di berbagai pusat perbelanjaan biasanya. Jika umumnya dikonsumsi sebagai snack atau cemilan, masyarakat Jepang justru mengkonsumsinya sebagai salah satu menu sarapan. Biasanya berbentuk lembaran yang tipis dan kering. Cara menikmatinya dengan diletakkan di atas nasi hangat.

Sumber: thesprucepets

1. Yakizakana,

atau ikan panggang juga menjadi salah satu menu pelengkapnya. Biasanya ada beberapa pilihan jenis ikan seperti salmon, mackarel, dan lain-lain. Mereka percaya bahwa mengkonsumsi ikan segar akan membantu kinerja otak untuk berpikir. Tidak heran ya, Jepang terkenal dengan kemajuan teknologinya.

Sumber: pinterest

Selain itu, menu sarapan tiap daerah di Jepang biasanya memiliki menu khasnya masing-masing atau mengkonsumsi sarapan praktis seperti susu dan pisang. Restoran di Jepang menyediakan menu sarapan pagi dalam paket lengkap diantaranya nasi, telur mentah, sup miso, nori, dan yakizakana, atau ditambahkan dengan menu khas restoran tersebut yang disediakan dari pagi hingga pukul sebelas siang saja. Kamu yang sudah mencobanya, bagaimana sensasi makan nasi putih dengan telur mentah?