fbpx

5 Rekomendasi Film untuk Mendalami Sosiologi Lebih Dalam

Sosiologi termasuk kajian yang sangat dekat dengan masyarakat. Maka dari itu, pembahasan sosiologi sangat mudah masuk ke dalam karya populer seperti novel dan film. Kali ini, kami akan membahas 5 rekomendasi film yang tepat untuk kamu mendalami sosiologi lebih lanjut.

Freedom Writers (2007)

Sumber: sandiegouniontribe.com

Freedom Writers merupakan film yang sangat menarik untuk ditonton. Meskipun telah dirilis lebih dari sepuluh tahun yang lalu, isu yang diangkat dalam film ini masihlah relevan.

Film ini berkisah tentang Erin Gruwell, pengajar muda di Woodrow Wilson High School. Apa yang ia temui di kelas ternyata membawa Erin menemui isu minoritas dan rasial di antara murid-muridnya.

Akan tetapi, misi utama Erin tetaplah sama, yakni memberikan pendidikan layak bagi muridnya tersebut. Kemudian, Erin juga mencoba sedemikian rupa untuk mengajarkan toleransi kepada murid-muridnya.

Dalam film ini, otomatis kamu akan menemukan sejumlah pembahasan dalam sosiologi seperti etnisitas, kelas sosial, dan juga labeling.

The Wife (2017)

Sumber: mojok.co

Di balik laki-laki hebat, akan selalu ada perempuan yang kuat di baliknya. Joan Castleman merupakan seorang perempuan yang pandai nan cantik. Ia juga merupakan istri yang setia.

Selama empat puluh tahun, ia mengorbankan mimpin, bakat, serta ambisinya demi suaminya, Joseph. Pada saat Joan sedang dalam perjalanan menuju Stockholm untuk menyaksikan suaminya menerima penghargaan Nobel di bidang sastra, Joan mulai mempertanyakan pilihan hidupnya sebagai seorang istri dari Joseph. Apalagi, pengorbanan yang ia lakukan begitu besar demi masa depan karir suaminya tersebut.

Pembahasan dalam The Wife pada dasarnya akan sangat dekat dengan konsep kesetaraan, gender, identitas, power, dan juga feminisme.

Wonder (2017)

Sumber: time.com

Diadaptasi dari novel berjudul sama, Wonder menceritakan kisah August Pullman, seorang anak laki-laki yang memiliki kelainan bentuk wajah. Secara medis, Auggie menderita Treacher Collin Syndrome. Dengan demikian, sejak kecil Auggie telah menjalanioperasi berkali-kali agar organ di wajahnya dapat berfungsi dengan normal.

Kali ini, Auggie akan masuk ke sekolah dasar biasa untuk pertama kalinya. Penampilanya yang tidak biasa otomatis membuat ia harus bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.

Isu-isu seperti disabilitas, identitas, dan kesetaraan menjadi unsur yang kuat dalam Wonder.

Lady Bird (2018)

Sumber: cultura.id

Lady Bird merupakan karya dari Greta Gerwig yang juga merupakan sutradara Little Women (2019). Film ini mengisahkan Christine McPherson, remaja tingkat akhir di sekolah menengah yang tinggal di kota satelit Sacramento, California. Christine punya mimpi besar, yakni kuliah di New York. Akan tetapi, mimpinya tersebut terkendala oleh masalah finansial.

Christie bukan berasal dari keluarga kaya raya. Alhasil, untuk bisa menyekolahkan Christie, ibunya harus bekerja dengan sangat keras. Akan tetapi, Christie sangatlah gigih untuk mecapai mimpinya. Tak jarang pertengkaran pun terjadi di antara ibu dan anak tersebut.

Melalui film ini, sejumlah isu seperti penyimpangan, identitas, dan kelas sosial menjadi unsur utama soiologi yang dapat kamu pelajari.

Parasite (2019)

Sumber: YouTube.com

Membahas film bertema sosiologi tak bisa melepaskan kita dari Parasite. Film buatan Bong Joon Ho ini telah menyabet berbagai penghargaan, termasuk Best Picture pada Academy Awards 2020.

Film drama satir ini pada dasarnya menyampaikan satu isu sentral dalam sosiologi, yakni mobilitas sosial. Hal ini digambarkan dari upaya Keluarga Kim untuk bisa mengubah status hidup mereka.

Selain itu, terlihat jelas bahwa dalam kehidupannya, antar kelas dalam masyarakat memiliki saling ketergantungan. Meskipun terlihat Keluarga Kim sangat bergantung pada Keluarga Park, kita juga bisa melihat bahwa Keluarga Park juga membutuhkan keberadaan dari Keluarga Kim.

Tak heran apabila Parasite memiliki unsur sosiologi yang kuat, bagaimanapun, sang sutradara memang memiliki latar belakang di bidang tersebut, Ya, Bong Joon Ho merupakan lulusan jurusan Sosiologi di Yonsei University.

Demikian rekomendasi film tentang sosiologi yang dapat kami berikan, Kawan Rantau. Pada dasarnya, ilmu yang satu ini sangatlah dengan kita. Tak heran apabila penekanan isu-isu dalam sosiologi dapat mudah ditemukan dalam film.

Baca juga rekomendasi film-film tentang pendidikan berikut ini.

For Your Information

Apakah saya bisa mempelajari sosiologi dari film?

Pada dasarnya, ilmu sosiologi sanatlah dekat masyarakat. Tak heran apabila penekanan isu-isu dalam sosioogi dapat mudah ditemukan dalam film.

Apa rekomendasi film yang dapat saya tonton untuk memahami sosiologi?

Bacalah artikel ini untuk tahu jawaban lengkapnya.

Ingin mengetahui cerita lain di California?