fbpx

5 Perilaku Millenial yang Kamu Banget

Millennial adalah orang-orang yang lahir pada rentang tahun 1985-2000 atau biasa dikenal juga sebagai generasi Y. Bagi kamu yang berusia 20-35 tahun, kamu merupakan golongan orang yang termasuk ke dalam generasi millennial.

Mengapa generasi millennial merupakan generasi yang paling sering dibicarakan daripada generasi-generasi lainnya? Jawabannya mungkin karena generasi millennial adalah generasi yang dibesarkan oleh perkembangan teknologi. Generasi yang secara langsung harus beradaptasi dengan teknologi yang berdampak pada kondisi sosial kulturnya.

Selain sebagai generasi yang dibentuk oleh teknologi, generasi millennial merupakan generasi harapan bangsa karena berada pada usia produktif untuk bekerja. Lihat saja setiap CEO yang memiliki startup berstatus unicorn, mereka semua merupakan orang-orang muda yang dibesarkan oleh teknologi. 

Generasi ini banyak menggunakan internet dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Bila kamu perhatikan millennial memiliki tingkat kepuasan yang tinggi namun tetap ingin efisien dalam memenuhinya.

Sebenarnya ciri-ciri apakah yang menjadi ciri khas millennial saat ini?

1.    Millennial itu Tech Savvy

person clicking Apple Watch smartwatch

Tech Savvy berarti memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi terhadap teknologi-teknologi yang sedang berkembang. Berdasarkan riset oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada tahun 2017, didapatkan bahwa kelompok generasi millennial merupakan kelompok dengan persentase penggunaan internet terbanyak yang mencapai 49.52%. Hal ini menunjukkan millennial yang cenderung selalu menggunakan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh penggunaan teknologi oleh millennial sangat tampak ketika akan travelling. Pilihan destinasi wisata millennial banyak dipengaruhi akan rating tempat tersebut, seberapa photogenic, apakah pernah ada influencer yang ke sana, dibandingkan datang langsung baru mencari tempat destinasi.

2.    Millennial itu Berjiwa Sosial Tinggi

Millennial mampu menggunakan social media sebagai platform menyalurkan kepeduliannya terhadap sesama dan lingkungan. Misalnya saja gerakan “Sadari Sedari” yang peduli terhadap limbah tekstil yang diakibatkan produksi pakaian, sehingga membuat komunitas untuk menampung baju bekas yang masih bagus untuk dijual kembali dengan harga lebih murah.

Tujuannya agar masyarakat tidak konsumtif terhadap pakaian, karena jika semakin banyak maka semakin  merusak lingkungan. Saat ini millennial lebih mau untuk memperjuangkan hal-hal kebaikan yang dia pelajari dengan cara-cara kreatif yang bisa terwujud berkat jangkauan luas dari social media.

3.     Millennial itu Kutu Loncat

man sitting on chair in front on window during daytime

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh IDN Research Institute dalam “Indonesia Millennial Report 2019” didapati bahwa millennial bekerja paling lama dalam tempat bekerja pertamanya hanya sampai 2-3 tahun saja. Millennial lebih memilih tempat kerja yang dapat memberikan pengembangan diri dibandingkan gaji. Ciri khas ini lah yang membuat millennial selalu memiliki ide-ide cemerlang dalam membuat sebuah inovasi.

4.     Millennial itu Tidak Materialistik

Kebanyakan millennial lebih memutuskan untuk tidak menghabiskan uangnya secara sembarangan melalui berbelanja. Alih-alih mereka memiliki kesadaran untuk melakukan kegiatan menabung dan berinvestasi untuk kebutuhan masa depan. Terdapat trend bahwa “living minimalistic life is the new cool”. Millennial tidak suka menghabiskan uangnya untuk barang-barang, tetapi lebih memilih menghabiskan uangnya dalam meningkatkan pengalaman hidup melalui travelling, makanan, konser, dan gaya hidup.

5.    Millennial itu Progressive

Millennial tidak mudah menerima paham-paham baru tanpa mempertanyakannya terlebih dahulu. Mereka cenderung berpikir independen dengan menjaring informasi dari berbagai sumber media. Jika dibandingkan generasi sebelumnya yang gampang terkena hoaks, millennial lebih kritis dan mau lebih banyak berdiskusi. Pendapat millennial ini semakin mudah diperbincangkan berkat peran social media yang mampu membuat viral isu-isu tertentu.

Dari ke-5 ciri-ciri millennial itu, manakah yang menggambarkan kamu? Dan kalau tidak ada, maukah kamu jadi millennial yang berguna bagi banyak orang?


Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?