5 YouTuber Pelajar Indonesia di Luar Negeri yang Menginspirasi

Melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi menjadi mimpi kebanyakan orang. Baik itu dengan menggunakan biaya pribadi atau pun dengan cara berburu beasiswa. Dengan begitu terbukanya informasi yang hanya sejauh ujung jari, apapun pertanyaan yang dimiliki bisa terjawab dengan bantuan internet. Begitu pula dengan cara berbagi informasi.

Kotak ajaib di salah satu sudut rumah yang sering orang istimewakan, terbukti tidak lagi seistimewa jaman dulu. Kebanyakan orang sekarang lebih nyaman menikmati hiburan berupa tontonan melaui smartphone dengan berbagai alasan dibaliknya. Salah satu diantaranya adalah dikarenakan begitu beragamnya pilihan yang disediakan. YouTube bisa dibilang terbukti menjadi yang paling populer serta yang paling ditakuti sebagai pesaing utama televisi.

YouTuber adalah sebutan untuk para individu yang menyediakan berbagai konten dalam bentuk vidio yang bisa ditonton oleh semua orang. Ada begitu banyak jenis YouTuber, salah satunya adalah YouTuber dengan konten edukasi. Kebanyakan dari para YouTuber ini berbagi kisah perjalanan mereka selama studi mereka di negara tempat tujuan belajar masing-masing.

1. Gita Savitri Devi (Jerman)

YouTuber serta blogger sekaligus selebgram dan penulis buku ini memulai kanal YouTube miliknya sejak tahun 2009 yang kebanyakan mengunggah video cover musik. Adapun, baru 2 tahun ke belakang, atau tepatnya sejak tahun 2016, dirinya mulai aktif mebuat konten edukasi mengenai studinya di Jerman. Dengan alasan ingin memperjuangkan konten positif di YouTube, berbagai video telah dibuatnya, yang kebanyakan mengomentari serta mengajak diskusi mengenai berbagai isu yang sedang menjadi fokus pembicaraan di Indonesia atau pun di Dunia.

2. Nihongo Mantappu (Jepang)

Negeri sakura atau Jepang seolah tidak pernah ada habisnya jika dibahas. Akan tetapi melalui kanal YouTube Nihongo Mantappu ini, kita diajak untuk belajar bahasa jepang serta mengetahui bagaimana sebenarnya hidup dan belajar di Jepang. Kanal YouTube yang bisa dibilang baru ini sebenarnya mulai mengunggah konten yang dimiliki sejak akhir tahun 2017 kemarin, dengan personel dua orang, namun salah satunya memutuskan untuk berhenti dengan sejumlah alasan tertentu, tetapi kanal YouTube ini tetap bertahan dengan nama serta semangat yang tetap sama serta kelakuan konyol yang mengundang tawa.

3. Syarif Zapata (Jerman)

Di kanal ini kamu akan mendapatkan informasi tentang kehidupan orang indonesia di Eropa. Tentang politik science dan teknologi. Syarif Zapata juga sering berbagi informasi tentang bagaimana bisa kuliah dan hidup di Eropa.

4. Turah Parthayana (Rusia)

Negara dengan luas wilayah terbesar di dunia alias Rusia agaknya masih begitu kurang familiar bagi sebagian orang. Kecuali kamu termasuk salah satu penggemar serial animasi yang berjudul Masha and The Bear. Melalui kanal YouTube Turah Parthayana yang mulai mengunggah konten miliknya sejak pertengahan 2017 kemarin, kita diperkenalkan dengan berbagai serba-serbi negeri Rusia yang mungkin belum banyak orang tahu sebelumnya melaui keseharian dirinya di sana.

5. Jovito Sahain (Amerika)

Berawal mereview merk-merk streetwear dan sneakers, kini Jovito Sahain berbagi berbagai pengalaman hidup kuliahnya di Los Angeles, Amerika Serikat. “Kadang bahas kehidupan, biaya makan, tempat tempat asik, bisa juga prank! Bisa juga bahas streetwear, supreme, stussy, off white, bape, palace, mau apalagi? Jangan lupa bahas sekolah! biaya sekolah, cara sekolah disini, sampe hal-hal kecilnya deh!” ucap Jovi di akun YouTubenya.

Demikian daftar 5 YouTuber pelajar Indonesia di luar negeri yang bisa banget jadi rekomendasi untuk kamu yang tidak sekedar mencari hiburan melainkan inspirasi. Semoga kita bisa memetik pelajaran dari berbagai konten positif para YouTuber tersebut. Atau mungkin juga bisa jadi nantinya sebagian dari kita benar-benar mewujudkan mimpi studi ke luar negeri suatu hari nanti. Jangan lupa untuk berkunjung ke kanal kita sendiri, Anak Rantau!