fbpx

4 Tips Belajar Online Selama Masa Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 membuat pemerintah harus melakukan berbagai kebijakan untuk meminimalisir penyebaran virus, salah satunya dengan menutup tempat umum termasuk sekolah dan universitas. Proses belajar offline harus diadakan secara online. Namun, ketika belajar di rumah, ada saja kendala yang dihadapi. Untuk itu, simak 4 tips belajar online selama masa pandemi Covid-19 berikut supaya kegiatan belajar kamu tetap efektif.

Manajemen waktu yang baik

Atur waktumu dengan baik agar belajar online di rumah tetap efektif
Sumber: https://unsplash.com/@srosinger3997

Jika pihak sekolah atau kampus memberikan jadwal kelas online, maka Kawan Rantau harus mengatur waktu belajar dengan teratur serta mengerjakan tugas dengan fokus.

Jika layanan belajar dilakukan dengan memberikan fleksibilitas penuh, maka Kawan Rantau harus mengatur jadwal belajar sendiri. Bagi yang belum terbiasa belajar mandiri, biasanya mereka akan mereka mengerjakan tugas di menit-menit akhir pengumpulan. Sayangnya, hal ini biasanya tidak efektif. Kawan Rantau juga dapat mencatat jadwal dan hal-hal penting yang harus dilakukan pada hari itu di kalendar handphone atau buku jurnal agar mudah mengingat hal-hal penting tersebut dan dapat menyelesaikannya di akhir hari.

Namun, jangan lupa juga meluangkan waktu untuk beristirahat dan olahraga agar belajar online di rumah tidak merasa penat. Karena itu, Kawan Rantau harus membiasakan diri untuk patuh pada jadwal yang telah Kawan Rantau buat.

Persiapkan peralatan esensial yang dibutuhkan

Pastikan koneksi internet yang stabil saat belajar online di rumah
Sumber: https://unsplash.com/@extaf_ms

Sebelum memulai proses belajar online, tentu Kawan Rantau harus menyiapkan peralatan yang dibutuhkan seperti komputer/laptop, ponsel, tablet, dan yang paling utama adalah jaringan internet. Jangan lupa juga untuk selalu mencari tahu website atau platform yang akan digunakan.

Selain itu, barang-barang yang dapat mengganggu perhatian selama belajar online juga dapat disimpan di tempat yang tersembunyi terlebih dahulu untuk meningkatkan fokus belajar selama di rumah.

Jaga komunikasi dengan pengajar dan teman sekelas

Jaga komunikasi dengan pengajar dan teman ketika belajar online di rumah
Sumber: https://unsplash.com/@freestocks

Kawan Rantau perlu mengatur komunikasi dengan teman sekelas serta pengajar untuk menghindari kesalahpahaman. Jika perlu, buatlah grup khusus untuk membahas tugas yang diberikan. Jika memang belum yakin dengan hasil tugas yang dikerjakan, maka Kawan Rantau dapat segera menghubungi pengajar maupun teman sekelas untuk berdiskusi lebih lanjut.

Sebenarnya, masa-masa ini dapat mengasah keterampilan komunikasi online kita. Jika sudah terbiasa, maka hal ini dapat memberi kebebasan dan fleksibilitas yang tidak akan dapat ditemukan pada proses belajar mengajar di ruang kelas. Selain tips ini, Kawan Rantau juga bisa mendapatkan tips seputar tips supaya tetap produktif selama belajar di rumah.

Fokus untuk belajar

Tetaplah fokus selama belajar online di rumah
Sumber: https://unsplash.com/@chaseelliottclark

Kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa ketika belajar online, adalah tidak fokus. Ada banyak sekali distraksi yang mengganggu proses pembelajaran, seperti notifikasi media sosial yang masuk.

Karena itu, Kawan Rantau perlu berusaha fokus selama sesi belajar online. Hindari segala macam distraksi yang mengganggu. Jika perlu, tetapkan ruang belajar yang bisa membuat Kawan Rantau mudah berkonsentrasi.

Nah, itu dia 4 tips belajar online selama masa pandemi Covid-19 yang dapat Kawan Rantau terapkan selama belajar di rumah.

For Your Information

Adakah tips untuk belajar online selama pandemi Covid-19?

Kawan Rantau perlu memiliki manajemen waktu yang baik, mempersiapkan alat yang dibutuhkan, fokus dalam belajar, serta keterampilan komunikasi yang baik selama belajar di rumah.

Apakah kita bisa melakukan kegiatan belajar di rumah dengan efektif?

Tentu bisa. Untuk info lebih lengkap, langsung baca artikelnya di Anak Rantau, ya!

Mengapa perlu mempelajari cara-cara untuk belajar online dengan lebih efektif selama Covid-19?

Tentunya karena belajar online lebih bersifat mandiri daripada masuk kelas dimana ada guru yang mengawasi kita, seringkali murid-murid lebih mudah terganggu perhatiannya selama belajar online di rumah. Oleh karena itu, kawan rantau dapat menyimak artikel ini untuk mempelajari cara-cara agar belajar online di rumah bisa berjalan dengan lebih efektif.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?