fbpx

3 Tips Memilih Tempat Tinggal di Luar Negeri

Tempat tinggal merupakan faktor utama bertahan hidup ketika kamu memutuskan kuliah di luar negeri. Kost akan menjadi bagian dari hidupmu ketika merantau. Maka dari itu, salah memilih bakal membuatmu tidak betah. Sebelum menempati kos-kosan, ada 3 poin yang harus kamu perhatikan sebagai pertimbangan. Cek tipsnya di bawah ini, ya!

1. Memakai Fasilitas Kampus

Sumber: http://www.vistaeducation.com

Tips pertama yaitu kenali lingkungan kampus. Bagi mahasiswa baru, asrama dapat menjadi pilihan jika masih beradaptasi dengan orang dan lingkungan baru. Selain itu, kamu tidak usah takut terlambat datang ke kampus karena jaraknya dekat. Dengan begitu, kamu sudah pasti hemat biaya transportasi.

Umumnya, universitas di luar negeri menjamin mahasiswa internasional tahun pertama mendapatkan asrama, asalkan mendaftar sebelum waktu akhir. Jenisnya pun berbeda, ada tipe en-suite dengan kamar mandi pribadi di dalam kamar, ada pula tipe berbagi dengan teman. Satu kamar dapat menampung 4 hingga 12 mahasiswa.

2. Akomodasi dari Luar Kampus

Apartment

Jika kamu memiliki kelebihan biaya untuk tempat tinggal, maka kamu dapat memilih akomodasi di luar kampus yang lebih variatif, seperti apartemen, rumah, hingga homestay. Enaknya tinggal di luar negeri, kamu akan dibantu oleh kantor internasional dari kampus atau konsultan pendidikan supaya pelajar internasional tidak dirugikan oleh oknum. Bantuannya berupa memberikan informasi hingga meneliti kontrak sewa. Wah, sangat detail!

Jika kamu ingin merasakan perbedaan interaksi dan budaya secara langsung dengan masyarakat setempat, maka pilihlah homestay. Biasanya, perguruan tinggi memiliki kerjasama dengan keluarga-keluarga yang bersedia menjadi tuan rumah untuk mahasiswa internasional. Pun, jaraknya juga terjangkau sehingga kamu tidak terlalu capek bolak-balik. Berhubung tinggal dengan orang lain, maka jagalah adab dan sikap. Ikut menawarkan bantuan jika anggota keluarga mengalami kesulitan.

3. Teman Satu Kost

Sumber: Pexels

Jika kamu memutuskan tinggal bersama teman dalam satu kost, pastikan pribadinya cocok denganmu. Partner dapat memengaruhi kenyamananmu di tempat tinggal, misalnya kamu rajin berbenah, sementara temanmu tidak. Hal itu dapat menimbulkan ketidakcocokan yang akan membuatmu tidak betah. Maka dari itu, pastikan bertemu langsung dengan yang menawarkan supaya kamu dapat menilai kepribadiannya dari bahasa tubuh.

Demikian 3 tips memilih kosan di luar negeri yang dapat kamu terapkan. Ada kalanya anak rantau harus pindah tempat tinggal karena tidak sesuai keinginan dan kantong. Maka dari itu, lakukan riset kecil-kecilan sebelum memutuskan untuk menempati rumah kedua. Semoga kamu mendapatkan tempat tinggal yang nyaman, ya!


Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?