fbpx

3 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Setelah Lulus Kuliah

Kamu baru saja menyelesaikan tahun terakhirmu, Kawan Rantau? Setelah menjalani proses wisuda, maka kamu pun akan menyandang status sebagai jobless. Well, memang tidak ada yang ingin menjadi pengangguran, sih, tapi terkadang seorang lulusan terbaik pun harus menunggu panggilan dari pekerjaan. Maka dari itu, berikut adalah 3 hal yang bisa kamu lakukan setelah lulus dari kuliah tapi belum mendapatkan pekerjaan.

Ketiga hal ini selain bermanfaat bagi kamu untuk mengisi waktu luang, juga bisa menjadi salah satu ajang bagimu untuk mengembangkan diri. Jadi, simak pembahasanya berikut ini!

Menjadi Volunteer

Sumber: unsplash.com

Apabila kamu memiliki keadaan finansial yang stabil, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk mengikuti berbagai kegiatan dengan menjadi volunteer. Biasanya, kamu bisa mendapatkan kesempatan ini dengan mengikuti kegiatan yang diadakan oleh lembaga profit atau amal. Apalagi kalau kamu memang tertarik dengan topik kegiatannya, menjadi volunteer untuk kegiatan tersebut pasti menyenangkan.

Selain kamu bisa menyibukkan diri, kamu juga bisa memperbagus curriculum vitae (CV) yang kamu miliki. Apalagi, kamu juga bisa mendapatkan pengalaman yang pas sebagai bekal di dunia kerja nantinya, seperti manajemen waktu dan kemampuan beradaptasi.

Kemudian, ketika kamu tergabung menjadi volunteer, kamu bisa bertemu dengan orang-orang yang memiliki passion yang sama denganmu. Dengan demikian, kamu akan lebih memperluas jejaring yang kamu miliki. Siapa tahu bukan kalau kamu bisa mendapatkan pekerjaan dari jejaring yang kamu miliki tersebut?

Menjadi pekerja lepas

Sumber: unsplash.com

Kamu jago dalam desain? Menulis? Atau menjadi seorang penerjemah? Mengapa tidak mencoba menjadi pekerja lepas sebelum kamu betul-betul mendapat pekerjaan?

Dewasa ini, menjadi pekerja lepas sudah sangatlah populer di antara milenial dan juga Gen Z. Dengan menjadi pekerja lepas, kamu juga bisa mendapatkan pengalaman bekerja dan mengenal dunia bisnis dengan jauh lebih dekat.

Dengan menjadi seorang pekerja lepas, skill yang kamu miliki akan terus terasah dan tentunya bisa menjadi konten dalam CV yang kamu miliki. Apalagi, sekarang banyak sekali platform yang dapat digunakan oleh para pekerja lepas.

Mencoba berbagai jalur

Sumber: unsplash.com

Mencari pekerjaan, apalagi bagi seorang fresh graduates bukanlah hal yang mudah. Kamu harus mampu kreatif ketika melamar pekerjaan, termasuk dalam memilih jalur yang kamu mau dan cocok. Sektor swasta, start up, bidang pemerintahan, dan organisasi non profit memiliki jalurnya masing-masing. Maka dari itu, kamu harus mampu menganalisis jalur mana yang cocok untukmu.

Apabila kamu merasa tertarik pada satu organisasi tertentu, tak ada salahnya mengirimkan surel mengenai ketertarikanmu. Meskipun tak ada lowongan yang disediakan.

Dengan mencari berbagai cara untuk melamar pekerjaan, kamu akan menjadi lebih produktif dan mencegah kamu merasa lelah ketika mencari pekerjaan.

Itulah sejumlah hal yang bisa kamu lakukan setelah lulus kuliah saat kamu belum mendapatkan pekerjaan. Yang pasti, kamu harus mencoba untuk selalu produktif. Hal inilah yang akan menjaga kemampuanmu tetap maksimal dan tidak membuatmu kaku ketika nanti harus bekerja di tempat impianmu.

Kamu juga bisa membaca hal-hal apa saja yang bisa kamu lakukan sebelum resmi dinyatakan lulus kuliah.

For Your Information

Apakah mudah mendapat pekerjaan sebagai fresh graduates?

Memang bukalah perkara gampang ketika kita mencari pekerjaan. Akan tetapi, kalau kita mampu mengamati peluang dengan baik, sebagai seorang fresh graduate pun kamu akan mampu mendapatkan pekerjaan.

Saya sudah lulus kuliah tapi belum mendapat pekerjaan. Apa yang bisa saya lakukan?

Melakukan kegiatan yang bermanfaat sembari mengembangkan diri merupakan hal yang tepat untuk kamu lakukan. Baca artikel ini untuk tahu jawaban lengkapnya.

Apa manfaat terlibat sebagai volunteer dalam sebuah kegiatan?

Baca artikel ini untuk tahu jawabannya.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?