fbpx

3 Alasan Kamu Harus Sering Naik Transportasi Umum

Terdapat sebuah pepatah bahwa, “kota yang maju bukanlah tempat dimana orang miskin mempunyai mobil, melainkan dimana orang kaya menggunakan transportasi umum..” Apakah kamu orang yang masih lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan kendaraan umum? Mungkin kamu memiliki alasan dan preferensi masing-masing, namun perlu diketahui bahwa terdapat begitu banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menaiki transportasi umum? Apa sajakah itu?

1. Naik Transportasi Umum membantu Membawa Kembali Udara Segar Perkotaan

Sadarkah kamu selama bulan Juli 2019 ini, Kota Jakarta menempati peringkat satu sebagai kota terpolusi di dunia selama 3 hari berturut-turut di minggu pertama? Kota terpolusi se dunia. Artinya paru-paru orang-orang Jakarta akan sangat rentan terkena debu kendaraan berbahaya yang menimbulkan stroke dan kanker.

Bahkan asap kendaraan menjadi penyebab kematian bagi 4.2 juta jiwa orang di seluruh dunia per tahunnya saat ini. Hal ini banyaknya diutamakan dari membludaknya jumlah kendaraan pribadi di perkotaan. Padahal inti permasalahan ini bisa diatasi dengan mengubah perilaku kita agar lebih sering menggunakan transportasi publik sehingga tidak memproduksi polusi yang merusak.

2. Menghemat Pengeluaranmu Secara Signifikan

Transportasi umum memiliki prinsip untuk bisa terjangkau oleh semua orang, sehingga tidak heran jika harga transportasi umum hanya berkisar dari Rp. 3500 – Rp. 7000 saja. Kamu bisa pergi belasan kilometer dan hanya butuh membayar Rp. 3500 saja. Sangat menguntungkan bukan ? Walaupun pada akhirnya harus terdapat hal lain yang perlu kita korbankan, yaitu kenyamanan karena harus ikut berdempetan dengan orang-orang lainnya. Namun jika dibandingkan ongkos kendaraan pribadi yang membutuhkan ongkos bensin, pajak tahunan, perawatan, dan asuransi. Sepertinya menaiki transportasi umum menjadi pilihan menguntungkan yang perlu kamu pilih.

3. Naik Transportasi Umum Membuat Sehat Jiwa dan Raga

Untuk bisa naik transportasi umum biasanya kamu harus berjalan kaki terlebih dahulu untuk mencapai halte atau stasiun tertentu. Kebiasaan berjalan kaki ini bisa membuatmu menjadi orang yang lebih sehat setiap harinya, mengingat langkah minimal yang orang butuhkan adalah 6000 langkah. Tidak hanya membuat badan lebih sehat, menaiki transportasi umum juga bisa membuat kamu lebih bahagia? Kok bisa? Bukankah untuk dapat menaiki transportasi umum kita harus menunggu agak lama dan berdesak-desakan dengan orang lain?

Kebahagiaan menaiki transportasi umum adalah kesadaran bahwa kita turut membagi ruang dengan orang lain di kota ini secara bersama-sama. Kamu bisa menyadari bahwa kamu tidak sendiri di kota ini dalam berjuang memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bahkan ada cerita berseminya kisah sepasang kekasih dari pertemuan setiap hari di kopaja, unik sekali bukan? Jadi apa lagi yang kamu tunggu?  Transportasi umum mampu membawa cerita-cerita yang mungkin bisa menjadi permulaan cerita kamu selanjutnya.