3 Keahlian Penting yang Tidak Diajarkan Semasa Kuliah

Kuliah merupakan waktu seseorang mengekspresikan diri dan pikirannya secara bebas dan beradab. Mahasiswa bukanlah siswa kelas menengah yang selalu menunggu intruksi untuk mengerjakan tugas. Saat itu, kamu sebagai mahasiswa dituntut lebih untuk belajar mandiri dan mengembangkan idealisme. Mahasiswa bebas menuntut ilmu di manapun, baik kelas ataupun luar kelas. Lengkapi keilmuan teori dengan 3 keahlian penting yang tidak akan kamu dapatkan di kelas. Apa sajakah? Simak ulasannya.

1. Penetapan Aturan 1%

Yoga

Setiap saat adalah belajar untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Setiap 1% peningkatan, artinya kamu selangkah lebih maju dibandingkan orang lain. Mengutip dari Medium, cobalah menjadi lebih baik 1% secara fisik, mental, dan emosional setiap minggunya. Refleksikan dirimu di akhir pekan dengan aktivitas bermanfaat sambil melepas penat. Pulihkan jiwamu yang koyak setelah seminggu hidup di kampus. Bukan hanya otak, hati dan diri juga butuh asupan baik.

2. Sikap Menghadapi Kegagalan

Sumber: Pexels

Keahlian kedua yang tidak diajarkan semasa kuliah ialah siap gagal. Tidak apa-apa gagal dalam suatu proyek tugas kuliah karena kegagalan adalah pembelajaran. Kegagalan merupakan batu loncatan dalam perjalanan kuliah. Meskipun pahit, kamu akan lebih antisipasi ke depannya dengan rencana gemilang.

3. Penguasaan: Cara Menguasai Bidang Apapun

Sumber: Pexels

Di kuliah, kamu hanya belajar yang berkaitan dengan jurusan, padahal selepas kuliah kamu harus dapat bertahan hidup dengan segala kemungkinan. Di era digital sekarang, penjurusan saja tidak cukup. Mahasiswa dituntut untuk menguasai bidang apapun, baik dalam rumpun peminatan jurusan ataupun luar. Adakalanya kamu harus dapat mengerjakan semua sendiri ketika di dunia kerja. Hindari multitasking, jadilah orang yang multiguna agar siap ditempatkan di segala kondisi. Percayalah, jika hanya mengandalkan satu keterampilan, maka karir menjadi stagnan.

Itulah ulasan mengenai 3 keahlian penting yang tidak diajarkan semasa kuliah. Jika kamu masih menyandang status mahasiswa, maka gunakan waktu emas ini untuk mengembangkan skill di atas rata-rata. Jangan hanya duduk manis di kelas, berkelanalah, maka kamu akan mendapatkan pembelajaran yang melekat di hati. Keterampilan akan membuatmu lebih unggul dari kompetisi apapun. Selamat belajar, sobat rantau!