Jurusan ini Menjamin Kamu Siap Menghadapi Industri 4.0!

Kita perlu sama-sama menyepakati bahwa industri 4.0 bukanlah sebagai akhir tetapi sebagai sebuah proses. Maksudnya adalah setiap dari kita tidak harus menjadi orang yang berkecimpung di bidang teknologi informasi saja, tetapi kita perlu menempatkan peluang perkembangan teknologi yang baru sebagai leverage atau nilai tambah.

Contohnya adalah kita dapat memperluas bisnis kita dengan memanfaatkan platform jual beli online seperti Tokopedia atau Bukalapak. Atau kita bisa membuat penelitian sederhana dengan menggunakan fitur pooling yang ada di instagram untuk membahas topik tertentu.

person using MacBook

Kesempatan ke depannya akan semakin luas jika kita bisa beradaptasi dengan teknologi baru yang ditawarkan oleh industri 4.0. Namun, peluang kesuksesan anda dapat lebih besar lagi jika anda memutuskan tidak hanya menjadi produsen teknologi itu saja, tetapi menjadi orang yang membuatnya. Salah satu cabang jurusan yang menjadi primadona dalam menyambut industri 4.0 adalah: data scientist ataupun sebagai data analyst.

Orang yang berkecimpung dalam bidang data scientist akan lebih berkutat tentang bagaimana membuat sistem pemrograman dengan pemahaman akan aplikasi pemrograman yang advance, sedangkan data analyst lebih dituntut akan pemahaman untuk mengubah data mentah yang banyak untuk lebih mudah dimengerti dan membantu pengambilan keputusan (misal dari data angka menjadi visual). Fresh graduate yang berkecimpung di bidang data scientist/data analyst akan memiliki peluang untuk mendapatkan gaji hingga minimal 15 juta.

green, blue, and yellow text on computer screen

Lalu jurusan apakah yang bisa menghantarkan kita untuk menjadi seorang data scientist? Bagi kamu yang baru mau menempuh jalur pendidikan S1 anda bisa mengambil jurusan teknik informatika. Berikut adalah 5 kampus terbaik di Indonesia untuk melanjutkan pendidikan di bidang teknik informatika

Image result for itb
  1. Institut Teknologi Bandung (ITB)
  2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
  3. Universitas Indonesia (UI)
  4. Universitas Gadjah Mada (UGM)
  5. Universitas Bina Nusantara (Binus University)
alley photography of walkway during daytime

Atau bagi kamu yang sudah menyelesaikan jenjang pendidikan S1 dan sedang mencari pendidikan lanjut Master Degree. Jurusan sebagai data analyst bisa menjadi pilihan terbaik karena mampu menjadi komplementer ilmu yang sudah kamu miliki. Pilihan terbaik tersebut bisa anda temukan di kampus-kampus luar negeri ini:

  1. Stanford University (Stanfors, USA)
  2. George Institute of Technology (Atlante, USA)
  3. New York University (New York City, USA)
  4. University College London (London, England)
  5. Otto von Guericke University (Magdeburg, German)

Jadi tunggu apalagi? Bagi kamu yang baru mau memulai atau melanjutkan jenjang pendidikan, pendidikan sebagai data scientist dapat memberikan masa depan yang penuh peluang!