fbpx

Hadapi Tantangan Hidup dengan S2 Interdisiplin di University of Helsinki

University of Helsinki merupakan universitas tertua dan juga terbesar di Finlandia. Tak heran apabila universitas yang satu ini memiliki daya tarik tersendiri. Hal inilah yang membuatmu harus mencari tahu lebih lanjut mengenai S2 interdisiplin di University of Helsinki.

Program interdisiplin

Secara sederhana, maka program interdisiplin diartikan sebagai program yang memungkinkan kamu untuk mempelajari dua program yang bisa sama sekali berbeda tapi tetap berhubungan. . Dengan demikian, program ini sangatlah tepat apabila disebut sebagai program untuk menghadapi tantangan di abad ke-21.

Berikut sejumlah program interdisiplin yang disediakan oleh University of Helsinki:

Master’s Programme in Human Nutrition and Food-related Behaviour (HNFB)

Sumber: pexels.com

Program yang satu ini menggabungkan antara kajian pangan dan nutrisi dengan psikologi. Pada dasarnya, apa yang akan terjadi terhadap makanan yang masuk ke dalam tubuh kita? Bagaimana kita dapat mempelajari cara seseorang makan? Bagaimana suatu budaya mempegaruhi pilihan makanan kita?

Itulah sejumlah hal yang akan kamu pelajari dalam program yang satu ini. Program ini secara garis besar akan berfokus pada nutrisi manusia, tingkah laku yang berhubungan denga makanan, serta konsumsi makanan dari perspektif ahli nutrisi.

Bahasa pengantar yang akan digunakan di program ini adalah Finlandia, Swedia, dan juga Inggris.

Master’s in Urban Studies and Planning

Sumber: pexels.com

Master’s in Urban Studies and Planning ini menjadi unik karena merupakan program gabungan antara University of Helsinki dan Aalto University. Melalui program ini, kamu akan dipersiapkan menjadi seseorang yang ahli dalam memahami permasalahan urban yang kompleks.

Dengan demikian, para mahasiswa di program ini bisa mempelajari tiga fokus utama dari Urban Studies and Planning, yakni:

  1. Perencanaan urban dan desain
  2. Kehidupan, ekonomi, dan budaya urban
  3. Ekologi dan sistem urban

Master’s Programme in Material Research

Sumber: pexels.com

Kalau program yang satu ini bukan lagi program yang interdisiplin. Akan tetapi, ia merupakan program multidisiplin di bidang ilmu alam.

Pada dasarnya, seluruh teknologi yang berada di sekitar ada karena sejumlah material yang membangunnya. Penelitian lebih lanjut mengenai materi dapat menjadi jalan untuk menyelesaikan permasalahan sosial dan juga menemukan sesuatu hal yang baru. Hal ini ditujukan pada bidang energi, pangan, air, keamanan, kesehatan, lingkungan, dan lainnya.

Dengan memahami penggunaan materi dengan tepat, maka kita dapat mengubah cara kita hidup setiap harinya

Penelitian material merupakan salah satu bidang yang paling kaya dan multidisiplin dalam ilmu alam. Program yang satu ini didasarkan dari ilmu fisika, kimia, biologi, dan juga kedokteran.

Menarik bukan pembahasan program S2 interdisiplin di University of Helsinki ini? Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan pandangan bahwa kamu bisa mempelajari dua hal yang mungkin sama sekali berbeda dalam satu program.

Kamu juga bisa membaca program-program dual degree yang ada di Asia.

For Your Information

Apa itu program interdisiplin?

Secara sederhana, maka program interdisiplin diartikan sebagai program yang memungkinkan kamu untuk mempelajari dua program yang bisa sama sekali berbeda tapi tetap berhubungan.

Apakah saya harus bisa bahasa Finlandia apabila berkuliah di Finlandia?

Tidak. Sejumlah program yang ditawarkan di universitas yang ada di Finlandia menggunakan bahasa Inggris atau Swedia.

Apa saja pogram interdisiplin di University of Helsinki, Finlandia?

Silakan baca artikel ini untuk mencari tahu jawabannya lebih lanjut.