Cyberpsychology: Turunan Ilmu Psikologi untuk Hadapi Industri 4.0

Akhir-akhir ini, istilah industri 4.0 semakin marak terdengar. Adanya “perubahan” ini, mendorong semua orang merasa– dan juga harus, merangkul kebudayaan elektronik sebagai salah satu taktik dalam menghadapi perubahan jaman. Lalu, adakah program studi yang dapat membantu kita dalam menghadapi peluang dan tantangan dari industrii 4.0?

Tersebutlah Cyberpsychology atau Psikologi Siber sebagai salah satu program studi usungan Nottingham Trent University (NTU), Inggris. Kajian dalam program studi ini berfungsi untuk memahami bagaimana interaksi antara manusia dengan teknologi yang ada di sekitarnya. Yap, cabang ilmu ini termasuk ke dalam ilmu psikologi dan cenderung merupakan ilmu baru.

Meskipun masih dianggap sebagai ilmu baru, nyatanya kajian Cyberpsychology ini memiliki banyak sekali manfaat untuk dunia yang penuh dengan pemnafaatan teknologi seperti sekarang ini. Kajian ini dapat membantu menjelaskan beberapa kelainan psikologis seperti adiksi media sosial hingga dampak negatif media sosial terhadap kepercayan diri. Kajian ini juga membahas bagaimana teknologi yang kita gunakan dapat berpengaruh terhadap bagaimana cara kita berkomunikasi.

Apabila kamu ingin melanjutkan studi di program study Cyberpscychology NTU, kamu tidak perlu khawatir kalau kamu tidak memiliki latar belakang studi psikologi. Program Master of Science ini telah didesain untuk dapat diambil oleh para lulusan psikologi maupun dari disiplin ilmu lain, seperti lulusan kajian media, komunikasi, jurnalisme, ilmu kesehatan, teknologi informasi, maupun sosiologi. Jadi, tak terbatas untuk lulusan psikologi saja, ya.

Anakrantau-nottingham-trent-university.jpg
Nottingham Trent Univeristy. Sumber: ntu.ac.uk

Terletak di Nottingham, NTU menawarkan fasilitas terbaiknya bagi para mahasiswa. Terdapat empat kampus di kawasan NTU, yakni City Campus, Confetti Campus, Clifton Campus, dan juga Brackenhaurst Campus.  Selain itu, Nottingham juga terkenal sebagai kota terbaik kedua bagi pelajar di Inggris. Tentu akan membuat kamu semakin betah untuk melanjutkan studi di kota ini.

Selain NTU, ada juga lho universitas lain yang menawarkan program study cyberpsychology. Beberapa di antaranya adalah, University of Buckingham School of Psychology and Wellbeing dan juga University of Wolverhampton School of Health and Wellbeing.

Bagi kamu yang tertarik untuk mendalami program studi ini, kamu enggak perlu khawatir. Mengapa? Karena lapangan pekerjaan yang tersedia untuk lulusan program studi ini sangatlah luas. Yap, kamu bisa bekerja di bidang gim, jejaring sosial, online marketing, dan juga jurnalistik. Selama suatu perusahaan memiliki jejaring secara daring, maka lulusan cyberpsychology akan mendapatkan tempat. Bagaimana, mulai tertarik untuk mendalami ilmu unik yang satu ini?