fbpx

Bagaimana Para Ilmuwan Sosial Membangun Masa Depan?

Para ilmuwan sosial memang tak akan menjadi kabar utama di surat kabar seperti para politisi maupun CEO terkenal di dunia. Akan tetapi, mereka akan selalu menjadi bagian dari pembangunan di masa depan. Para ilmuwan sosial berperan untuk menentukan rencana dari masa depan pertumbuhan sosio-ekonomi, baik secara nasional maupun global.

Dengan cara apa?

Sumber: unsplash.com/mostafa meraji

Ada banyak sekali bidang yang termasuk dalam ilmu sosial. Setiap ahli dari bidang tersebut nyatanya memiliki perannya masing-masing. Seorang sosiolog akan berkontribusi untuk merumuskan pemahaman bersama akan ekonomi dan kesejahteraan.

Kemudian, seorang psikolog memegang peran kunci dalam hal mencegah tindakan kriminal. Lalu, seorang pendidik akan membantu para warga mendapatkan pengetahuan serta skill yang dibutuhkan di masa depan.

Para ahli di bidang ilmu sosial memegang sejumlah peran penting di bank, pengadilan, dewan perwakilan, dan tempat-tempat lainnya. Tanpa sadar, para ilmuwan sosial ini telah mengembangkan diri mereka untuk membentuk arsitektur, budaya, hingga keamanan yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Dengan demikian, terbukti bahwa hasil kerja para ilmuwan sosial telah mendorong perubahan secara sosial dan ekonomi di masa depan. Hal ini terjadi sebagai hasil dari kerja sama antara para aktivitis, pemerintah, organisasi donor, dan juga media.

Di mana saya bisa mempelajari ilmu sosial?

Sekali lagi, pendidikan yang relevan pada akhirnya akan membantu kamu mengembangkan karir di masa depan. Berikut sedikit ulasan dari kami tentang universitas-universitas yang menawarkan jurusan ilmu sosial yang cukup favorit di dunia.

Faculty of Social and Behavioral Sciences – Leiden University

Sumber: timeshighereducation.com

Siapa yang tidak mengenal Leiden University? Salah satu universitas ternama di Bealnda ini akan mengajak kamu memahami persilangan antara inovasi dengan masyarakat melalui lensa sains dan teknologi. Seluruh penelitian yang dilakukan ini tidak main-main, lho. Semuanya akan ditinjau oleh para ahli di bidangnya.

Tak heran, apabila fakultas ini menjadi pusat penelitian ilmu sosial internasional yang terdepan, di antaranya adalah melingkupi bidang antropologi sosial, sosiologi pembangunan, kajian pendidikan dan anak, ilmu politik, serta psikologi.

Setiap mahasiswa dari Leiden University, baik di tingkat sarjana maupun magister, akan mendapatkan pengetahuan serta skill yang diperlukan untuk membangun karir ke depannya. Tak heran para ilmuwan sosial juga dilahirkan dari universitas ini.

Faculty of Social Sciences – Charles University

Sumber: difc.ie

Kalau kita membicarakan universitas tertua di dunia, maka kita tidak bisa serta-merta melupakan Charles University. Universitas yang ada di Republik Ceko ini telah berdiri sejak tahun 1348.

Faculty of Social Sciences dari Charles University ini menekankan pengajaran dan penelitian di bidang ekonomi, ilmu politik, kajian wilayah, dan juga media. Berhubung universitas ini masuk ke dalam ERASMUS+, kamu bisa berkesempatan untuk melakukan program pertukaran pelajar selama menjalani perkuliahan di Charles University.

Charles University menekankan pada penelitian sosio-ilmiah. Hal ini diyakini bahwa penelitian tersebut dapat dimanfaatkan untuk seluruh aspek di dunia modern. Pada akhirnya, para ilmuwan dari Charles University bisa memberikan refleksi kritis untuk pembangunan jangka panjang dari Republik Ceko.

Selain kedua universitas di atas, ada juga Bocconi University di Italia serta London South Bank University di Inggris yang bisa kamu pertimbangkan. Bagaimanapun, pada akhirnya, masa depan tak hanya bergantung pada sains dan teknologi, tapi juga dari keberadaan para ilmuwan sosial.

Kamu juga bisa membaca tentang 5 universitas di China yang tawarkan jurusan ilmu sosial terbaik.

For Your Information

Apa itu Ilmu Sosial?

Ilmu sosial menjadi salah satu ilmu yang sangat luas pembahasannya. Banyak sekali subjek dalam disiplin ilmu ini, mulai dari antropologi, sosiologi, ilmu politik, dan juga komunikasi.

Bagaimana para ilmuwan sosial berperan terhadap pembangunan masa depan?

Para ilmuwan sosial berperan untuk menentukan rencana dari masa depan pertumbuhan sosio-ekonomi, baik secara nasional maupun global. Penentuan rencana ini bergantung pada masing-masing peran yang dijalan oleh ilmuwan sosial di masyarakat.

Di mana saya bisa kuliah ilmu sosial di luar negeri?

Untuk memahami lebih lanjut peran dari para ilmuwan sosial dan universitas mana saja yang perlu kamu pertimbangkan, baca artikel ini untuk tahu jawabannya.