Tokyo Street Food: Kuliner Lezat dengan Harga Terjangkau

Julukan Tokyo sebagai QS Student Cities ke-2 di dunia tentu tidak sembarangan. Sebuah kota metropolitan yang sibuk, lampu-lampu neon menerangi jalanan di malam hari, keunikan anime, jajaran gedung pencakar langit futuristik serta kuil-kuil bersejarah menjadi sebuah tempat yang “ramah” bagi pelajar dari berbagai negara. Tak hanya soal kemajuan pendidikan dan kecanggihan teknologinya, Tokyo bisa juga menjadi surga kuliner untuk pelajar dan pelancong.

Jika kamu membayangkan senampan sushi dan semangkok ramen yang harganya menguras kantong, pelajar tentu lebih suka street food dengan harga terjangkau dan kelezatan yang beragam. Sebelum memasuki masa-masa perkuliahan yang sibuk, tidak ada salahnya kamu mengambil waktu untuk mencicipi beragam hidangan “jalanan” ini.

Dari sekian banyak jajanan dengan harga yang terjangkau, berikut adalah daftar makanan yang harus kamu coba!

1.   Dorayaki

Sumber: tripadvisor.com.au

Jajanan yang satu ini pasti tidak asing lagi bangi kamu penggemar salah satu kartun legendaris produksi negara Sakura, Doraemon. Terbuat dari satu atau dua lapis pancake castella dengan isian kacang merah beserta jeli ubi jalar atau buah segar sebagai tambahan.

2.   Mitarashi Dango

Sumber: Spontaneous Tomato

Kamu yang pertama kali melihat mungkin akan merasa sedikit asing dengan jajanan ini. Bakpao berukuran kecil terbuat dari tepung beras dengan cara memasaknya dipanggang di atas arang dan disajikan dengan tusukan bambo seperti bongkahan sate ditambah taburan kecap manis. Rasa asin dan manis bercampur dan pasti akan membuat kamu ketagihan!

3.   Tamagoyaki

Sumber: Live Japan

Tamagoyaki atau telur bakar merupakan sejenis omelet khas Jepang yang disajikan berlapis-lapis dengan tusukan bambo. Berbeda dengan hidangan telur dadar biasa, omelet yang satu ini sangat lembut dengan sensai manis di setiap gigitannya.

4.   Ningyo-yaki

Sumber: Betsubara-san

Jajanan berukuran mini-untuk satu kali gigitan-ini sering menjadi buah tangan oleh pelancong. Dibuat dengan cetakan berbentuk tokoh-tokoh kartun populer dengan bahan dasar tepung, telur, dan gula serta isian berupa pasta kacang merah atau puding.

5. Yakitori

Sumber: Migrationology.com

Merupakan sajian sate khas Jepang berupa potongan daging ayam, seafood, dan sayuran dengan bumbu khas yang disiram kecap manis serta ditaburi berbagai bumbu kering.

6.   Okonomiyaki

Sumber: YouTube

Meski telah hadir di beberapa negara tapi kamu tetap harus mencoba yang dari Tokyo langsung! Pancake yang dibuat dari adonan campuran makanan seperti selada, telur, seafood, daging, rebung, dan lain-lain kemudian dsajikan dengan saos tonkatsu atau mayo, dan taburan nori.

7. Matcha Gelato

Kegemaran terhadap varian teh hijau ini memang sedang mewabah di berbagai penjuru. Mulai dari makanan hingga minuman rasa-rasanya selalu ada yang rasa ini. Tapi untuk menjaga keaslian cita rasanya- kamu wajib mencoba es krim matcha ini di negara pelopornya langsung. Sensasi rasa pahit dari bubuk teh hijau dan topping yang manis tentu akan menyegarkan.

Dan masih banyak lagi street food sepanjang kamu menelusurinya. Tapi jangan lupa untuk mencicipi menu rekomendasi di atas ya, enak dan tidak menguras kantong pastinya!