Tips Travelling Murah Antar Negara di Eropa

Berwisata di Eropa terkesan mahal, apalagi kurs mata uangnya yang cenderung tinggi. Tertarik berwisata ke Eropa namun punya budget yang minim? Jangan kuatir, berikut 3 tips menghemat biaya transportasi antar negara di Eropa yang dijamin akan menghemat banyak pengeluaranmu!

1. Berwisata hemat dengan bus untuk jarak antar negara atau kota yang relatif dekat

Sumber gambar: amsterdamtips.com

Jika ingin mengelilingi kota atau negara di Eropa dengan jarak yang relatif dekat, sarana transportasi bus menyediakan banyak rute dan jadwal keberangkatan dengan harga yang cukup terjangkau. Ada berbagai operator bus yang menyediakan rute antar kota maupun negara di Eropa, salah satu yang menjadi favorit bagi pelajar yaitu Flixbus. Untuk kamu yang ingin berwisata ke banyak kota sekaligus, alih-alih membeli tiket satu persatu lebih baik membeli paket InterFlix seharga € 99 yang sudah meliputi 5x perjalanan kemana saja (namun hanya berlaku untuk direct destinations). Bagi pelajar yang mempunyai International Student Identity Card (ISIC), kamu juga bisa mendapatkan diskon 10% untuk rute kemanapun, menarik bukan?

Website Flixbus: https://global.flixbus.com/

2. Terbang murah dengan budget airlines untuk jarak antar negara yang relatif lebih jauh

Sumber gambar: NOS.nl

Demi menghemat waktu apalagi untuk negara yang letaknya cukup jauh, di Eropa ada beberapa operator low-cost airlines yang terkenal, diantaranya: RyanAir, EasyJet, dan WizzAir. Jika kamu tidak perlu membawa cabin bag, tiket pesawat bahkan bisa hanya seharga € 10 euro sekali jalan. Untuk membandingkan harga antar maskapai, sangat disarankan menggunakan platform Skyscanner untuk menghemat waktu. Di platform ini kamu juga bisa melihat grafik harga per periode untuk menentukan tanggal pergi dan pulang yang paling murah dan sesuai. 

Website RyanAir: https://www.ryanair.com/

Website EasyJet: https://www.easyjet.com/en

Website WizzAir: https://wizzair.com/#/

Website SkyScanner: https://www.skyscanner.net/

3. Untuk kamu yang mementingkan perjalanan yang lebih nyaman dibarengi pemandangan yang indah, kereta antar negara bisa jadi pilihan

Sumber gambar: britishtips.com

Jika kamu lebih mementingkan kenyamanan dalam berwisata, kereta antar negara di Uni Eropa yaitu Eurail memiliki kelebihan ini. Untuk menghemat biaya, Eurail menyediakan paket Eurail pass, yaitu tiket yang memperbolehkan pergi ke mana saja (Global Pass) atau ke beberapa negara tertentu (One or more Country Pass) dalam kurun waktu tertentu.

Website Eurail Pass: https://www.eurail.com/en/eurail-passes

Nah itu dia tips-tips jitu untuk berwisata hemat keliling Eropa! Untuk destinasi-destinasi menarik untuk dikunjungi di Eropa, stay tuned di artikel-artikel berikutnya!