Tips Berhemat Ala Mahasiswa Luar Negeri

Mahasiswa di luar negeri umumnya memiliki uang yang terbatas, baik itu dari tabungan sendiri, kerja paruh waktu, maupun dari uang beasiswa setiap bulannya. Dibarengi dengan kurs rupiah yang cenderung lemah daripada kurs negara tujuan membuat segala barang terkesan jauh lebih mahal daripada di Indonesia. Untuk kamu yang hendak berangkat kuliah di luar negeri, jangan berkecil hati dulu, berikut tips-tips berhemat ala mahasiswa luar negeri yang akan menghemat banyak pengeluaran sehari-harimu:

1. Memasak

]

Sumber gambar: oklahoman.com

Life skill ini umumnya akan kamu dapatkan ketika berkuliah di luar negeri. Makanan di restoran Indonesia yang jauh lebih mahal membuat kamu enggan untuk membelinya, tetapi di satu sisi kamu akan kangen dengan cita rasa masakan Indonesia yang kaya, sehingga solusinya adalah dengan memasak sendiri. Saat ini sudah banyak bahan-bahan Indonesia yang diimpor ke luar negeri, sehingga memudahkan mahasiswa Indonesia yang mencari bahan-bahan untuk membuat masakan ala kampung halaman.

2. Membeli Barang Bekas Layak Pakai

Sumber gambar: visitberlin.de

Saat kamu pindah ke luar negeri, pasti banyak barang-barang yang tidak dapat kamu bawa dari Indonesia karena keterbatasan bagasi sehingga sebagian barang keperluan sehari-hari perlu kamu beli di negara tujuan. Kamu bisa berhemat banyak dengan membeli barang-barang bekas layak pakai, baik dari situs barang bekas di negara tujuan maupun secondhand market yang diadakan secara berkala. Harga barang-barang bekas bisa hanya kurang dari setengah harga aslinya, dan pastinya akan sangat berdampak pada pengeluaranmu.

3. Manfaatkan Diskon Pelajar

Sumber gambar: internationalstudent.com

Seperti halnya di Indonesia, di luar negeri juga banyak diskon-diskon untuk pelajar, baik itu di toko-toko umum dan juga destinasi-destinasi wisata. Untuk pelajar internasional kamu juga bisa mendaftarkan diri untuk memiliki kartu International Student Identity Card (ISIC) yang bisa memberi akses ke banyak diskon, untuk info selengkapnya dapat dilihat disini.

4. Ikuti Kegiatan-Kegiatan Gratis dari Kampus

Sumber gambar: campus.nsvrc.org

Untuk kamu yang senang belajar hal-hal baru, umumnya banyak kegiatan dan course gratis dari kampus untuk pengembangan dirimu. Kamu bisa subscribe ke situs-situs dari organisasi-organisasi dan pusat karir di kampus untuk mendapatkan informasi seputar kegiatan-kegiatan yang tidak dipungut biaya.

Nah itu dia tips-tips berhemat ala mahasiswa luar negeri buat kamu yang hendak berangkat di tahun ajaran baru ini atau di tahun depan. Goodluck dan sukses untuk segala persiapannya!