fbpx

Untuk Kamu yang Ingin Tinggal di Luar Negeri, Sudah Siapkah Menghadapi Tantangan-Tantangan ini?

Saat ini mungkin banyak yang punya impian untuk berkuliah atau bekerja di luar negeri. Kuliah dan bekerja di luar negeri memang memberikan banyak manfaat dan pengalaman berharga, misalnya menambah teman dari berbagai negara, memperlancar kemampuan berbahasa asing, dan sekaligus memberikan kesempatan untuk travelling ke berbagai negara baru. Namun, sudah siapkah kamu menghadapi 4 hal ini terutama pada saat kamu baru memulai hidup di negara yang berbeda?

1. Language barrier

Sumber gambar: 985thejewel.com

Orang Indonesia pada umumnya menggunakan Bahasa Indonesia atau bahasa daerah untuk keseharian, namun hal ini berubah ketika kamu harus tinggal di luar negeri. Kamu harus bisa beradaptasi dengan cepat untuk memperlancar bahasa yang dipergunakan di tempat tersebut agar bisa berinteraksi dengan orang-orang disana. Terlebih lagi, keterampilan berbahasa asing juga akan menjadi salah satu penentu keberhasilan studi atau kerjamu.

2. Kesepian

Sumber gambar: USnews.com

Ketika kamu pergi merantau ke luar negeri, kamu harus meninggalkan segala koneksi yang sudah kamu bangun di Indonesia dan memulai dari nol. Kamu akan jauh dari orang-orang terdekat (keluarga, teman-teman dekat) sehingga di awal mula kamu akan merasa kesepian, apalagi jika kamu belum lancar dalam berbahasa asing sehingga sulit mendapat teman. Jika kamu merasakan hal ini, jangan takut, tetap jaga komunikasi dengan keluarga/teman-teman dekatmu atau dapat juga menghubungi psikolog terdekat. Jangan lupa juga untuk ikut aktif dalam perhimpunan mahasiswa/orang Indonesia di luar negeri dan ikuti kegiatan-kegiatan di kampus atau kantormu!

3. Perbedaan Budaya

Sumber gambar: crewtoo.com

Setiap bangsa dan negara memiliki budaya yang berbeda-beda, culture shock pasti akan dirasakan oleh sebagian besar orang yang merantau ke luar negeri dan butuh waktu tidak sebentar untuk dapat beradaptasi sepenuhnya. Maka alangkah baiknya jika sebelum berangkat kamu mencari tahu dahulu budaya di negara tujuan agar tidak merasa terlalu kaget dan tidak salah dalam bertindak.

4. Perbedaan Musim

Sumber gambar: inews.co.uk

Indonesia memiliki iklim yang sangat nyaman, dengan suhu dan cuaca yang cukup konstan sepanjang tahun. Jika kamu akan pindah ke negara yang bukan merupakan negara tropis, misalnya negara 4 musim, kamu akan mengalami weather shock yang cukup signifikan. Suhu yang dibawah 0 derajat di musim dingin dan waktu matahari terbit dan tenggelam yang berubah sepanjang tahun akan cukup membingungkan di waktu awal kamu tiba. Jangan lupa untuk menyiapkan perlengkapan dan baju hangat yang sesuai agar kamu tidak sakit di saat cuaca berganti!

“A comfort zone is a beautiful place, but nothing ever grows there”

-John Assaraf-

Nah itu dia hal-hal tidak menyenangkan yang umumnya dirasakan di luar negeri, terutama pada saat awal mula memulai studi atau kerja. Tapi jangan kuatir, seiring berjalannya waktu kamu pasti akan bisa mengatasinya, dan bertumbuh menjadi pribadi yang lebih baik dan kuat dari sebelumnya 🙂