Supply Chain Management, Jurusan yang Cocok untuk Kamu Pengamat dan Pelaku Industri Online!

Industri penjualan secara online ramai berwara wiri menghiasi laman mesin pencarian. Dari usaha kecil milik pribadi dan rumahan hingga perusahaan besar dengan ratusan cabang tak ketinggalan membuka online store untuk meraup keuntungan. Sayangnya, kita tidak akan membahas seputar industri perdagangan online, melainkan salah satu jurusan perkuliahan yang berkaitan erat dengan industri ini. Kamu penasaran?

Sumber: Mxmanroe.com

Supply Chain Management (SCM), salah satu bidang keilmuan yang mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan proses penyampaian dan pengelolaan aliran informasi-dana-barang, baik secara Business-to-Business (B2B) ataupun Business-to-Customer (B2C) dari bahan baku sampai ke produk jadi di tangan pelanggan.

SCM merupakan salah core keilmuan Teknik Industri, Manajemen Operasi, dan Manajemen Logistik. Biasanya jurusan SCM ini diambil ketika melanjutkan studi magister, tersedia di universitas dalam maupun luar negeri. Salah satu yang mengambil jurusan ini adalah Nur Puji Lestari-pada artikel sebelumnya-di University of Groningen di Belanda. Pokok pembelajaran SCM ini meliputi penyediaan bahan baku (purchasing), proses produksi (manufacture), pergudangan (warehousing), marketing, distribusi ke customer (distribution), dan sistem-sistem informasi yang diperlukan untu memantau sebagai proses yang terintegrasi.

Sumber: Oxford College of Procurement and Supply

Dilansir dari youthmanual, ada sekitar 28 mata kuliah untuk jurusan SCM ini. Mata kuliah dasar seperti matematika logistik dan ekonomi mikro hingga nata kuliah yang terfokus pada manajemen logistik.

Lulusan SCM biasnya dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan manufaktur. Tapi seiring perkembangannya, berlakunya Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) salah satunya, lulusan SCM sangat dibutuhkan pada industrI kreatif, e-commerce, serta perusahaan penyedia layanan ekspor dan impor.

Sumber: Study in Holland

Maraknya penjualan yang dilakukan secara online merupaka salah satu praktik nyata keilmuan SCM. Agar usahanya berjalan lancar, sebuah bisnis online perlu memastikan bahwa customer menerima pesanan sesuai dengan model dan kualitas yang diinginkan serta sesuai kesepakatan waktu dan harga yang telan dijanjikan.

Tidak ada keahlian khusus yang harus kamu miliki untuk memilih jurusan ini. Hal-hal mendasar seperti teliti, detail, rasional, serta karakter pendukung proses belajar dan pengembangan diri seharusnya tentu sudah kamu miliki ya, sebagai seorang pelajar. Tumbuh pesatnya bisnis di bidang SCM, terutama bagian logistik, memungkinkan peluang karir SCM sangat dibutuhkan. Terlebih dengan banyaknya pasar ‘terbuka’ di zaman serba teknologi ini. Untuk kamu, selamat mempertimbangkan jurusan ini!