Simak Hal-Hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Berbagai Negara di Dunia

Berbagai negara di dunia memiliki latar budaya yang unik dan berbeda-beda. Alhasil, banyak tata cara kehidupan hingga hal-hal kecil seperti gestur dan perbuatan yang dapat diterima oleh sebagian negara namun tidak baik untuk dilakukan di sebagian negara lainnya. Berikut beberapa hal yang tidak boleh dilakukan di berbagai negara:

1. Menancapkan sumpit di atas nasi – Asia Timur (Jepang, Korea, China)

Sumber gambar: olympic.ca

Menancapkan sumpit secara vertikal di atas semangkuk nasi dianggap taboo di Asia Timur, seperti Jepang, Tiongkok, dan Korea Selatan. Hal ini karena menyerupai ritual pembakaran dupa yang dilakukan pada saat memperingati kematian.

2. V (peace) sign – Selandia Baru

Sumber gambar: nypost.com

Pose 2 jari membentuk V dengan telapak tangan menghadap ke depan sangat sering digunakan di berbagai negara untuk merujuk ke nomor dua atau sebagai simbol perdamaian. Namun, di Selandia Baru hal ini sama seperti memberikan jari tengah kepada orang yang dituju, sehingga jika kamu hendak merujuk ke nomor dua kamu harus menghadapkan telapak tangan ke dirimu sendiri agar tidak dianggap tidak sopan.

3. Menuang alkohol ke gelas sendiri – Jepang

Sumber gambar: i.ytimg.com

Di Jepang, budaya minum alkohol terasosiasi dengan mutualitas antar sesama anggota, sehingga menuang minuman ke gelas sendiri dianggap tabu. Di akhir acara, setiap anggota diharapkan sudah saling menuangkan minuman ke satu sama lain.

4. OK sign  – Rusia, Brazil, Jerman

Sumber gambar: freepik.com

Pose yang biasanya merujuk ke pertanda oke atau baik ini tidak sebaiknya dilakukan di negara Rusia, Brazil, dan Jerman karena dianggap tidak sopan. Di Jepang tanda ini juga memiliki arti berbeda yaitu uang, dan memiliki arti nol di Prancis.

Nah itulah beberapa hal yang tidak boleh dilakukan di berbagai negara dan penting untuk disimak jika kamu berkesempatan mengunjungi negara-negara tersebut! Ingat, dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung.