Perkenalkan Yoga Wang Mahendra Alam: Melanjutkan Double Degree Dari UI ke Belanda

1. Ceritakan awalnya bagaimana kamu studi ke luar negeri?

Pertama saya masuk ke Universitas Indonesia kelas internasional fakultas ekonomi jurusan management dengan program double degree. Di program double degree, mewajibkan saya untuk menyelesaikan 2 tahun di UI and 2 taun di partner university yang dimana saya memilih University Of Groningen, Belanda. Setelah menyelesaikan di UI saya lanjut ke Groningen.

2. Ceritakan hal unik dari jurusan yang kamu tempuh!

Hal unik dari jurusan saya adalah saya belajar bukan hanya hard skill tetapi juga soft skill mulai dari jadi pengurus kepanitiaan sampai belajar ber-argumen yang konstruktif dengan dosen.

3. Ceritakan tantangan terbesar selama kamu studi / tinggal di luar negeri!

Tantangan terbesar selama saya tinggal di luar adalah untuk lulus dari mata kuliah karena untuk lulus mata kuliah di Groningen bukan hanya perlu hafal pelajaran tetapi diperlukan juga critical thinking.

4. Ceritakan pengalaman berkesan (senang&sedih) dari proses studi / tinggal di luar negeri!

Pengalaman senang pasti banyak tetapi pengalaman yang sedih juga ada. Dulu saya tidak lulus salah satu pelajaran di Groningen padahal saya sudah belajar semaksimal mungkin. Setelah itu saya merasa stress dan stress tersebut berlanjut ke depresi hingga menggangu kapabilitas saya dalam belajar. Akhirnya saya memutuskan untuk balik ke indonesia selama 1 minggu untuk bertemu dengan psikiater. Setelah ketemu dengan psikiater saya kembali ke Belanda.

Walaupun berat saya terus berusaha untuk bertahan, saya mendengarkan podcast tentang self help, menonton motivational video dan membaca buku tentang self help. Kebetulan saya memiliki lingkungan yang supportif dan itu amat sangat membantu saya. Sekarang rasa depresi tersebut sudah hilang. Jadi untuk kalian yang merasakan hal yang sama kalian harus ingat bahwa kalian memiliki kemampuan untuk merubah situasi anda. Remember its not a bad life its just a bad chapter in your life, do what you need to do in order to make your life better.

5. Apa manfaat yang kamu dapatkan dari proses studi / tinggal di luar negeri ini?

Manfaat yang saya dapatkan dari luar negeri adalah saya menjadi lebih dewasa, dengan mengalami pengalaman buruk saya belajar banyak, you can find yourself from it or you can lose yourself, its depend on how you manage it.

6. Apa manfaat yang kamu pelajari dari jurusanmu dan bagaimana kamu menerapkan bidang studi ini bila kamu balik ke Indonesia?

Manfaat yang saya dapatkan dari jurusan saya adalah mendapatkan ilmu ekonomi yang benar dan juga cara mengatur dan membangun sebuah perusahaan. Cara saya menerapkan ilmu tersebut di indonesia adalah menjalankan mimpi saya sebagai pengusaha.

7. Ada pesan untuk pembaca yang ingin merantau ke luar negeri?

Pesan untuk para pembaca adalah jangan takut untuk belajar ke luar negeri. Mungkin anda akan suka atau mungkin anda akan membencinya yang jelas adalah anda mendapatkan pengalaman yang dimana tidak semua orang bisa memiliki.

Profil Rantau dibangun oleh rekomendasi komunitas Anak Rantau; bila kamu ingin merekomendasikan seseorang silahkan hubungi kita di sini.