Perkenalkan Andre Matius: Pengalaman Studi Accounting di Ningbo, China

1. Ceritakan awalnya bagaimana kamu studi ke luar negeri?

Awalnya saya memang ingin mencari suasana dan lingkungan yang berbeda karena saya pikir dengan kuliah di luar negeri akan mendapatkan tantangan dan memiliki pengalaman hidup dan belajar yang tidak bisa kita dapatkan disini (Indonesia).

2. Ceritakan jurusan/pekerjaan yang kamu tempuh di luar negeri?

Saya mengambil jurusan Accounting di Ningbo University of Technology. Alasan saya mengambil jurusan ini adalah karena konon katanya jurusan accounting adalah jurusan ekonomi tersulit yang bisa di dapat, jadi saya merasa tertantang untuk mengambil jurusan accounting ini.

3. Ceritakan tantangan terbesar / culture shock ketika di luar negeri?

Tantangan terbesar saat saya belajar di luar negeri (China) adalah harus beradaptasi dengan teman-teman yang baru, bahasa mandarin yang awalnya sulit untuk saya pelajari, transisi dari mempunyai segala fasilitas lengkap yang ada di rumah ke hidup sendiri dan mandiri disana.

4. Ada pengalaman paling menyenangkan & menyedihkan selama masa kuliah?

Pengalaman paling menyenangkan saat saya disana adalah disaat saya bertemu dengan pacar saya. Pengalaman paling menyedihkan adalah saat saya harus pulang ke Indonesia dan dia masih disana 🙏

5. Ceritakan perubahan individu yang kamu alami ketika di luar negeri?

Perubahan individu yang saya alami: saya menjadi lebih mandiri, lebih bisa menghargai arti kehidupan, lebih bisa menjadi pribadi yang tekun, lebih bekerja keras dalam segala hal, dan masih banyak sekali perubahan positif dalam diri saya sejak kuliah disana.

6. Bagaimana rasanya ketika balik ke Indonesia?

Saat saya pulang ke Indonesia saya sedih karena banyak hal-hal baik yang terjadi disaat saya berkuliah disana dan harus saya tinggalkan, terkadang juga kangen untuk ingin kembali kesana dan saya pasti akan kembali kesana lagi suatu saat nanti.

7. Ada pesan untuk pembaca yang ingin merantau ke luar negeri?

Persiapkan diri baik-baik, yakinkan dirimu apakah ini adalah jalan yang terbaik dan harus bisa beradaptasi dengan baik.

Submission: Profil Rantau dibangun oleh rekomendasi komunitas Anak Rantau; jadi bila kamu mengetahui seseorang yang dapat berbagi pengalaman hidup di luar negeri, tolong beritahu kita di sini.