fbpx

5 Negara yang Cocok Untuk Bekerja Sambil Liburan

Bekerja sambil liburan sudah menjadi gaya hidup dalam pekerjaan di era digital saat ini. Cukup dengan adanya jaringan internet, maka para pekerja dapat bekerja di mana pun dan kapan pun. Silahkan ucapkan selamat tinggal pada peraturan yang mewajibkan karyawan untuk terus berada di kantor. Akan tetapi, menjadi digital nomaden pun perlu pertimbangan seperti tempat tinggal, jaringan internet, kenyamanan, biaya hidup, dan lain sebagainya. Hal tersebut sudah pernah anak rantau bahas di sini, loh! Sebelum memutuskan kota dan negara tujuan untuk bekerja, maka baca dahulu artikel penting tersebut, ya!

Kamu patut pintar memilih negara dan kota jika ingin bekerja dari tempat lain. Dilansir dari Insider, berikut 6 Negara yang Cocok Untuk Bekerja Sambil Liburan. Simak artikelnya hingga tuntas, ya!

1. Chiang Mai, Thailand

sumber: theculturetrip.com

Kota kuno di Thailand Utara ini merupakan destinasi impian bagi para pekerja remote. Hal itu disebabkan karena biaya hidup di sana sangat murah. Sewa apartemen di sana untuk satu bulan hanya sekitar USD 200-300 atau sekitar 2 juta hingga 4 juta rupiah bahkan lebih murah jika kamu berbagi tempat dengan teman. Kelebihan lain dari kota autentik ini ialah koneksi internet yang sangat ngebut, banyaknya komunitas seprofesi, cuaca yang hampir selalu cerah, dan kuliner lezat yang dapat mengenyangkan perut kamu. Lalu, kamu juga akan dimanjakan oleh beragam aktivitas unik yang dapat kamu pilih selama tinggal di sana, seperti bersepeda, mendaki gunung, berkemah, atau wisata melihat gajah.

2. Ho Chi Minh City, Vietnam

Sumber: .roughguides.com

Kota di Asia Tenggara seperti Ho Chi Minh di Vietnam patut dilirik karena cocok sekali untuk para digital nomad. Biaya hidup di sana cukup terjangkau dengan kisaran rata-rata USD 430 per bulan atau 6 juta rupiah. Pun, kamu tidak perlu merogoh kocek sangat dalam untuk makan karena biayanya sangat murah, yakni USD 1,76 atau sekitar Rp 20.000 saja. Maka dari itu, tidak heran jika Vietnam ramai oleh para pekerja digital nomaden yang sering nongkrong di kafe sambil fokus mengetik. Lalu, jaringan internetmya juga sangat cepat sehingga dapat membantu kamu dalam menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk.

3. Siem Reap, Kamboja

Sumber: traveltriangle.com

Masih di sekitar Asia Tenggara, Kamboja pun wajib didatangi oleh para pekerja nomaden yang bercita-cita merasakan tinggal di luar negeri dengan biaya hidup terjangkau. Kamu tidak perlu khawatir tidur di jalan karena Hostel di kota Siem Reap memasang tarif murah, yakni USD 2 hingga USD 22 atau setara dengan Rp 30.000 hingga Rp 300.000 per malam. Fasilitasnya pun sangat memadai, yakni kolam renang, makan 3x sehari, dan akses telepon tanpa batas dengan biaya USD 300 atau 4 juta per bulan.

Enaknya tinggal di sana ialah kamu dapat keliling kota Siem Reap karena mudah dijelajahi, terutama jika kamu memiliki sepeda motor. Kebayang, dong serunya seperti apa jika kamu mengalami suntuk ketika bekerja! Kamu dapat relaksasi bersama para pekerja nomaden lainnya.

4. Medellin, Kolombia

Colombia (Medellín)

Amerika Selatan pun memiliki tempat untuk para pencari internet ketika bekerja sambil liburan. Kamu dapat mempertimbangkan Medellin, Kolombia sebagai destinasi. Biaya sewa apartemen satu kamar tidur seharga sekitar USD 625 atau sekitar Rp. 9 juta. Biaya hidup keseluruhan jika tinggal di kota ini sekitar USD 928 per bulan atau sekitar Rp. 13 juta. Jika bosan melanda, maka kamu dapat menyegarkan pikiran dengan berjalan-jalan menggunakan transportasi umum yang sudah tertata rapi dan sistematis. Kamu pun tidak perlu takut mati gaya karena wifi tersedia di hampir seluruh kafe.

5. Budapest, Hungaria

BudaPest may.2019-147

Kata siapa kota di Eropa tidak perlu dilihat sebagai destinasi digital nomaden? Budapest, Hungaria dapat menjadi pilihan utama jika kamu ingin tinggal di Eropa dengan biaya terjangkau. Secara keseluruhan, biaya hidup selama di Budapest sebulan tidak akan lebih dari USD 600 atau sekitar 8,6 juta rupiah. Lalu, kamu bisa menyewa apartemen di pusat kota bersejarah tersebut seharga USD 500 per bulan atau sekitar Rp. 7 juta. Pilihan tempat wisata seru pun siap menyambut kedatanganmu di Budapest.

Nah, itulah 5 Negara yang Cocok Untuk Merasakan Bekerja Sambil Liburan! Mulai sekarang, coba rajin mencari tau keenam negara tersebut sebelum pergi jauh karena suasana yang menyenangkan dapat meningkatkan produktivitas dan kreativitas dalam bekerja. Kalau begitu sampai di sini dulu artikel kali ini. Yuk, berlangganan anak rantau untuk mendapatkan informasi terkini seputar jalan-jalan, bekerja, dan kuliah di luar negeri!