Mengenal 5 Universitas Terbaik di Perancis

Perancis merupakan negara kedua tujuan bagi para mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan studi di Eropa setelah Inggris. Meskipun warga Perancis sangat menjunjung tinggi bahasa dan budaya mereka, nyatanya banyak lho program studi yang ditawarkan oleh universitas di negara ini menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar.

Nah, berikut merupakan 5 universitas terbaik di Perancis yang dapat kami rekomendasikan untuk kamu yang ingin melanjutkan studi di negara ini.

1. Sorbonne University

anakrantau-sorbonne-university.jpg
Sorbonne University. Sumber: timeshighereducation.com

Tidak hanya terkenal karena universitas ini menjadi tempat Andrea Hirata, penulis Laskar Pelangi, menempuh ilmu, Sorbonne University memang menawarkan program studi terbaik.

Universitas ini memiliki sejumlah kampus yang tersebar di Kota Paris—dan juga ada yang bertempat di Abu Dhabi. Pada dasarnya, Sorbonne University merupakan peleburan dari sejumlah institusi pendidikan tinggi di Paris, di antaranya adalah, Paris-Sorbonne Univerisy, Pierre and Marie Curie University dan institusi-institusi lainnya.

Terdapat tiga fakultas di universitas ini, yakni, humanities, science, dan medicine.

2. Ecole Polytechnique

Bagi kamu yang ingin mendalami sains dan teknologi, Ecole Polytechnique dapat menjadi pilihan yang tepat untukmu. Di universitas ini, jumlah mahasiswa tidaklah sampai 3.000 orang. Meski demikian 30% dari jumlah tersebut merupakan mahasiswa internasional. Jadi tenang saja, anak rantau, Ecole Polytehcnique masih membuka kesempatan bagi kamu untuk menjadi mahasiswa mereka.

Secara resmi, universitas ini berada di bawah arahan Kementerian Pertahanan Perancis. Tak heran apabila mahasiswa Perancis di universitas ini wajib menjalankan wajib militer selama delapan bulan di tahun pertama mereka.

3. Telecom Paris

anakrantau-telecom-paris.jpg
Telecom Paris. Sumber: paristech.fr

Sebelumnya, universitas yang satu ini lebih dikenal sebagai Telecom ParisTech. Baru pada Juni 2019, nama tersebut berganti menjadi Telecom Paris.

Untuk kamu yang suka hal-hal berbau teknik dan juga sistem informasi, boleh banget untuk coba kepoin Telecom Paris. Setidaknya, ada empat departemen yang dinaungi Telecom Paris, yakni: elektronik dan komunikasi, ilmu komputer dan jaringan, signal and image processing, serta ekonomi dan ilmu sosial.

4. University of Paris

Nah, kalau universitas yang satu ini merupakan hasil peleburan dari tiga institusi pendidikan tinggi di Paris, yakni Paris Diderot University, Paris Descartes University, dan Institut de physique du globe de Paris.

Universitas ini akan menarik apabila kamu tertarik dengan beragam ilmu. Mengapa? Karena University of Paris menawarkan pengajaran lintas spektrum akademik, mulai dari seni, bahasa, ilmu sosial, ekonomi, sains dan teknologi, kedokteran, farmasi, dan juga keperawatan.

5. Paris Sciences et Lettres – PSL Research University Paris

Universitas yang satu ini merupakan salah satu institusi pendidikan dan pusat penelitian terbaik di Paris. Terbentuk pada tahun 2010, universitas ini merupakan peleburan dari sejumlah institusi pendidikan tinggi yang cukup bergengsi, yakni: the Ecole Normale Superieure, the College de France, the Paris Observatory, Chimie ParisTech, dan ESPCI Paris Tech.

Salah satu tujuan utama dari universitas ini adalah untuk menjadi salah satu dari intitusi penelitian terbaik di dunia. Saat ini, PSL Research University Paris telah menjalin jejaring dengan sejumlah institusi pendidikan tinggi bergengsi lainnya, seperti University of Cambridge, Peking University, dan National Taiwan University.

Itulah 5 universitas terbaik yang ada di Perancis. Selain kelima universitas di atas, ada juga Sciences Po sebagai salah satu institusi yang berfokus pada ilmu politik dan kajian internasional yang patut diperhitungkan. Nah, selamat mencari universitas yang paling pas untukmu ya, anak rantau.