Intip Pesona Andalusia, Jejak Kemegahan Kerajaan Islam di Spanyol Selatan

Daerah Andalusia di bagian selatan Spanyol merupakan daerah yang sangat strategis, karena terletak perbatasan antara benua Eropa dan Afrika sekaligus terletak di antara Samudra Atlantik dan Laut Mediterania. Tidak heran, daerah ini merupakan daerah yang sangat penting dalam peradaban Eropa dan Mediterania.

Di bawah dinasti Umayyah, daerah ini terkenal sebagai pusat perdagangan, kebudayaan, dan ilmu pengetahuan. Di daerah ini pula matematika (aljabar) hingga ilmu kimia (alkali) dilahirkan. Jejak sejarah yang kaya di daerah ini masih nampak dalam kemegahan bangunan dan monumen di berbagai kota di Andalusia yang masih berdiri hingga sekarang ini. Berikut 3 kota yang wajib kamu kunjungi di Andalusia:  

1. Sevilla

Sumber gambar: theculturetrip.com

Sevilla merupakan ibukota dari negara bagian Andalusia dan merupakan kota terbesar keempat di Spanyol. Kamu wajib mengunjungi Plaza de Espana, landmark yang menjadi ikon dari kota Sevilla. Tempat ini semakin terkenal karena dijadikan tempat syuting film Star Wars: Episode II – Attack of the Clones (2002).

Sumber gambar: spainonline.com

Daerah kota tuanya memiliki 3 monumen yang termasuk dalam UNESCO World Herritage Site: Istana Royal Alcazar, Katedral Sevilla, dan Archivo General de Indias. Istana Royal Alcazar dahulu merupakan benteng dari kerajaan Islam yang akhirnya dijadikan istana setelah ditaklukkan oleh kerajaan Kekristenan. Desainnya yang sangat cantik dan kaya terinspirasi dari desain arsitektur Arab, Baroque, dan Renaissance. Istana ini juga menjadi salah satu tempat syuting Game of Thrones season kelima loh!  

2. Granada

Sumber gambar: travelinspires.org

Kota Granada yang terletak di kaki pengunungan Sierra Nevada berada pada ketinggian 738 meter dari permukaan laut. Istana Alhambra merupakan bangunan paling ikonik di Granada dan merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO sejak 1984. Awalnya istana ini merupakan benteng militer di abad ke 11, namun kemudian berubah menjadi istana sejak pemerintahan dinasti Nasrid di abad ke 12. Istana ini semakin terkenal juga karena dijadikan tempat syuting drama Korea populer Memories of Alhambra (2018). Keindahan istana dan seisi kota Granada dari atas dapat dilihat dari gereja San Miguel Alto.

Sumber gambar: daebaknews.co

3. Kordoba

Sumber gambar: everydayfoodblog.com

Kota Kordoba di abad ke 10 merupakan kota terbesar di Eropa, dikenal sebagai pusat pemerintahan Kekhalifahan Kordoba sekaligus pusat edukasi dan pembelajaran. Bangunan yang sangat terkenal di Kordoba merupakan Masjid-Katedral Kordoba (Mezquita) yang memiliki sejarah panjang dan unik.

Sumber gambar: happylanguages.co.uk

Bangunan ini awalnya merupakan gereja Katolik yang kemudian diubah menjadi Masjid pada tahun 784 atas perintah Abdul Al-Rahman I. Karena kemudian daerah Andalusia ditaklukkan oleh kerajaan Kekristenan, pada tahun 1236 bangunan ini kembali dijadikan sebagai gereja Katolik. Bukan hanya bangunan ini saja, sejak abad ke 19 seluruh bagian kota tua Kordoba (Historic centre of Cordoba) juga di terdaftar sebagai situs warisan dunia UNESCO, loh!

Selain jejak sejarahnya yang kental, daerah Andalusia juga menjadi teladan dalam akulturasi berbagai budaya dan agama sejak jaman dahulu kala. Keindahan arsitektur serta jejak sejarah yang kaya dari Andalusia membuat daerah ini wajib banget dikunjungi jika kamu berencana berkunjung ke Spanyol!