Dear Passengers, Jika Mereka Bisa Menceritakan Kepada Kamu…

Moda transportasi udara (read:pesawat) masih menjadi pilihan utama bagi para pelancong ketika hendak mengunjungi suatu negara. Meskipun mempersingkat waktu perjalanan dalam tempo yang singkat, tidak semua penggunanya bisa berdamai dengan rasa takut, cemas, hingga stress ketika berada di ketinggian sekian kaki dari permukaan tanah. Segelintir penumpang terkadang membiarkan perasaan “tidak enak” tersebut dan menghalangi sopan santun kepada staf-seperti pramugrai-dan penumpang lainnya.

Melalui tulisan yang disadur dari BusinessInsider.com yang telah mewawancarai beberapa flight attendants dan travelandleisure.com, ada beberapa hal yang mereka harapkan dan ingin sampaikan kepada para penumpang tetapi demi alasan profesionalitas dan kehati-atian tidak bisa mereka sampaikan.

Dear passengers…

Luangkan Waktu untuk Memberi Ruang Bagi Kesabaran dan Kebaikan

Sumber: traveller.com.au

Siapa di sini yang suka tidak sabaran untuk ke luar dari pesawat walaupun baru saja mendarat? Pada dasarnya semua orang tentu ingin sampai tepat waktu di tempat tujuan. Ketergesa-gesaan yang dibiarkan bisa menimbulkan kerugian, baik untuk petugas, penumpang lain, dan diri kamu sendiri.

Flight Attendants Tidak Punya Keahlian Membaca Pikiran

Sumber: Elle

Tidak jarang kita menganggap status sebagai penumpang adalah kesempatan agar orang lain memahami semua keinginan dan kekhawatiran. Nyatanya, No! Layanan bersifat umum bukan khusus untuk setiap individu. Jadi kalau kamu ingin sesuatu atau merasakan sesuatu maka sampaikanlah dengan baik dan tepat.

Pekerjaan Utama Flight Attendants adalah Keselamatan dan Keamanan

Sumber: The Independent

Selain mengantarkan segelas orange juice dingin untuk menemani perjalanan panjang kamu, mereka-pramugari-memastikan perjalanan dan semua penumpang dalam keadaan selamat dan aman terkendali. Tidak heran mereka dibekali banyak pengetahuan, seperti membantu memberikan pertolongan pertama pada orang sakit.

Larangan Serius Menggunakan Handphone pada Saat Take Off dan Landing

Sumber: The Telegraph

Meskipun pemberitahuan untuk me-non aktifkan perangkat komunikasi pada saat take off dan landing sudah “nyinyir” diberitahuan tetap saja ada oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab. Pedulilah, untuk keselamatan kamu dan semua orang yang ada di dalam pesawat.

Bertanggung Jawablah untuk Diri Sendiri

Sumber: Science ABC

Keterlambatan dan kehilangan barang karena kelalaian kamu, tidak harus menyalahkan pihak lain hingga menimbulkan keributan. Pastikan jadwal penerbangan yang kamu pilih memang sudah sesuai dengan kebutuhan dan jagalah barang bawaan dalam jangkauan mata.

Belasan jam di dalam pesawat terbang melintasi benua memang membuat bosan dan susah tidur, tapi itu bukan alasan kamu untuk kehilangan sopan santun ya!