fbpx

Berkunjung ke Thailand, Jangan Lupa Mencicipi 4 Jenis Hidangan Ini!

Thailand atau yang terkenal dengan julukan Negara Gajah Putih ini merupakan salah satu destinasi liburan yang paling diminati dengan jumlah kunjungan rata-rata wisatawan sekitar 30 juta orang per tahunnya.

Beragam kota wisata yang bersih dan terorganisir seperti Chiang Mai, Chiang Rai, dan Kohcang, surga berbelanja yang dibandrol dengan harga terjangkau di Chachutak Market atau Pratanum, kunjungan kamu ke Thailand rasanya tak lengkap jika belum mencoba kuliner khas daerah setempat.

Restoran-restoran Thailand biasanya mengurangi kadar rasa pedas serta adonan rempah yang menyengat dari makanan untuk menyesuaikan dengan selera wisatawan. Selain itu, hidangan di sini juga terkenal dengan kandungan saus ikan, saus tiram, dan beragam kaldu berbasis hewani. Kamu yang vegetarian, harus ekstra hati-hati memilih menunya.

Berikut Thai food yang wajib kamu coba!

1. Tom Yum Goong

Sumber: Coffechat with Perpie

Sup khas Thailand yang satu ini memang sudah terkenal gaungnya hampir di berbagai negara. Cita rasa yang segar dan kaya rempah menjadi ciri khas utama Tom Yum Goong. Hasil dari percampuran jeruk nipis, serai, daun keumbar, serta bongkahan udang segar memang tak boleh kamu lewatkan lho. Hidangan yang satu ini sangat mudah kamu temui terutama jika berada di Central Thailnd.

2. Som Tam

Sumber: NDTV Food

Rasa gurih, pedas, dan sedikit asam akan kamu temukan pada suapan pertama salad khas yang satu ini. Campuran irisan tipis papaya muda, jeruk nipis, gula kelapa, saus ikan, serta taburan bubuk cabaik sangat pas disantap bagi kamu yang tidak ingin menyantap hidangan berserat tinggi.

3. Khao Soi

Sumber: Fine Dining Lovers

Mampir ke Chiang Mai, Thailand utara, jangan lupa mencicipi mi kari kuah kuning yang terkenal lezat ini. Disajikan bersama mi potong beserta potongan daging sapi berempah, daging babi iris tipis, atau potongan daging ayam dengan taburan kerupuk mi, acar kubis, bawang merah, jeruk nipis, beserta bubuk cabai kering. Kebayangkan gimana pekat dan segarnya rempah-rempah pada kuah kari ini?

4. Kari Massaman

Sumber: Recipes (co.nz)

Berakar pada sejarah hukum pangan Islam, Kari Massaman terkenal di wilayah Thailand Selatan dengan kandungan bahan makanan halal. Sehingga untuk kamu wisatawan muslim, sangat aman untuk mengkonsumsi hidangan yang satu ini. Kuah kari dibuat dari campuran rempah seperti kapulaga, kayu manis, jintan, pala, yang dicampur dengan santa beserta potongan daging sapi. Perpaduan rempah dan santan menghasilkan warna coklat yang kental khas Kari Massaman. Saking lezatnya, makanan yang satu ini dinobatkan sebagai salah satu makanan terenak di Asia versi CNNGo.

Bagaimana? Apakah salah satu dari makanan di atas sudah kamu tulis dalam list perjalanan ke Thailand? Satu lagi, tips bagi kamu yang tidak ingin hidangan tercampur dengan MSG dapat mengatakan “mai sai pong-cheu-rot” yang berarti ‘Jangan masukkan MSG” untuk makanan yang belum jadi kepada penjualnya. Selamat berkuliner khas Thailand!