5 Aktivitas di Musim Panas Ini Bantu Kamu Temukan Karir Impian!

Sekitaran bulan Juli, Agustus, hingga September beberapa mahasiswa di berbagai negara tengah menikmati summer holiday atau liburan musim panas. Waktu liburan yang cukup panjang banyak digunakan oleh beberapa mahasiswa untuk pulang sejenak ke negara asal atau beragam aktivitas di negara perantauan.

Walaupun melancong ke berbagai negara merupakan tawaran liburan yang cukup menarik, summer holiday bisa lho menjadi kesempatan bagi kamu untuk meningkatkan prospek karir di masa yang akan datang.

Hmm, begini caranya!

1.   Riset adalah kunci utama

Sumber: Business Insider

Meskipun status kamu masih seorang mahasiswa, sangat penting untuk mengetahui hal-hal apa yang sekiranya akan kamu lakukan di masa depan. Banyak mahasiswa yang terlena dengan segala kesibukan dan hiburan sehingga lupa mempersiapkan diri untuk berkompetisi setelah lulus. Lalu menjadi bingung dan terjebak di beberapa pilihan.

Tidak ada salahnya mendapatkan informasi berupa sektor industri serta peran yang ingin kamu tekuni. Riset adalah kunci dari beragam informasi, mulai dari kualifikasi yang dibutuhkan, job desc yang akan diterima, hingga benefit yang akan diterima.

2.   Kesadaran untuk mengenal diri dan segala potensinya

Sumber: movistar.com.gt

Summer holiday bisa menjadi ajang untuk kamu mengenal diri sendiri. Memahami kekuatan yang menjadi potensi di masa depan atau kelemahan yang harus diperbaiki. Semakin kamu memahami diri kamu, semakin tahu apa yang akan kamu capai di masa depan.

3.   Mengikuti Summer Internship

Sumber: NACE

Magang adalah salah satu cara terbaik untuk mempelajari dan mengembangkan keterampilan secara ‘nyata’ dan jalan lain untuk memperoleh uang saku tambahan. Mengikuti program magang membuat kamu lebih fokus terhadap hal-hal yang ternyata kamu sukai dan tidak sukai. Tidak semua mahasiswa memperoleh tempat dan jenis pekerjaan selama magang yang sesuai dengan potensi dan kemauannya tetapi setidaknya kamu akan mengantongi pengalaman yang menjadi nilai ‘jual’ nantinya.

4.   Bergabung dalam kegiatan volunteering

Sumber: Pro Bono Australia

Mnejadi relawan atau volunteer dalam berbagai kegiatan amal organisasi, baik skala kecil atau besar, merupakan salah satu jalan terbaik untuk bertemu banyak orang dan membangun koneksi. Kegiatan semacam ini akan membangun empati dan kepekaan kamu terhadap isu-isu sosial di sekitar yang masih luput dari pengawasan. Kamu menolong orang lain sembari menolong diri kamu sendiri tentunya!

5.   Mendapatkan summer job

Sumber: Snagajob

Banyak pekerjaan pada summer break yang bisa mempengaruhi kemampuan dan potensi kamu. Meskipun hanya bertugas sebagai pramusaji di kedai kopi, menjadi tugas perpustakaan, ataupun freelancer di sebuah blog, hal-hal tersebut tentu akan menambah koneksi dan kemampuan berinteraksi dengan orang-orang baru.

Menghabiskan liburan musim panas dengan bermain sepuas-puasnya juga tidak salah, tapi dari sekian banyak summer holiday yang kamu lewati, alangkah lebih baik jika satu dari semuanya dipakai untuk meningkatkan kualitas dan potensi diri di masa depan. Happy holiday!